Rabu, 26 Januari 2022 10:32

Presiden Erdogan Akan Ganti Nama Resmi Turki

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Depo Photos Rex/Shutterstock)
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Depo Photos Rex/Shutterstock)

Penulisan nama ini menjadi sorotan karena huruf "Ü" dalam Türkiye tidak ada dalam abjad Latin nominal. Ini dianggap bisa jadi masalah.

RAKYATKU.COM - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyampaikan bahwa pemerintahannya berencana mengubah nama resmi negaranya dari Turki menjadi Türkiye.

Kantor Kepresidenan Turki menyatakan, "Türkiye" lebih merepresentasikan identitas bangsa. Türkiye lebih mewakili dan mengekspresikan budaya, peradaban, serta nilai bangsa dengan baik.

Dalam bahasa setempat, Türkiye berarti Turki.

Baca Juga : Erdogan Sebut Sikap Politikus Barat Terhadap Putin Tak Pantas dalam Politik

Menurut laporan Middle East Monitor, pemerintah akan mendaftarkan nama baru Turki itu ke Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dalam beberapa pekan ke depan.

Namun, penulisan nama ini menjadi sorotan karena huruf "Ü" dalam Türkiye tidak ada dalam abjad Latin nominal. Ini dianggap bisa jadi masalah.

 

Sementara, dalam sebuah laporan media Turki, TRT World, Erdogan merasa nama "Turkey" dalam bahasa Inggris memiliki arti yang sama dengan arti kalkun.

Baca Juga : Turki Resmi Berganti Nama

Bahkan, menurut Kamus Cambridge, Turkey didefinisikan sebagai "sesuatu yang gagal" atau "orang yang bodoh atau konyol". (*)

#Turki #Recep Tayyip Erdogan