Selasa, 25 Januari 2022 11:01

5 Cara Merawat Mobil Setelah Di-coating yang Harus Diperhatikan Pemula

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Meskipun coating menjamin cat mobil lebih terlindungi dari kotor dan kusam, Anda perlu melakukan perawatan sesudahnya.

RAKYATKU.COM - Coating body mobil bukanlah sesuatu yang dianggap baru lagi karena hampir semua pemilik kendaraan melakukannya. Ini merupakan langkah perawatan agar bodi mobil lebih awet, tidak mudah berubah warna dan kusam.

Bengkel mobil yang menawarkan layanan coating juga sudah banyak. Nah, supaya hasilnya maksimal penting mengetahui cara merawat mobil setelah di-coating.

Coating body mobil adalah proses melapisi untuk melindungi cat mobil sampai ke pori-pori. Pelapisan ini dilakukan dengan teknologi berbahan nano sehingga warna mobil terlihat mengkilap dan mampu bertahan lama.

Meskipun coating menjamin cat mobil lebih terlindungi dari kotor dan kusam, Anda perlu melakukan perawatan sesudahnya. Langkah-langkah bisa disimak pada artikel berikut.

Cara Merawat Mobil Setelah Di-coating dengan Benar

1. Membiarkan Mobil Kering

Langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan sesudah coating mobil adalah membiarkannya kering alami. Tidak perlu buru-buru mengendarai mobil, biarkan dahulu selama 2-3 hari agar benar-benar meresap dan kering.

Cairan coating yang sudah mengering pastinya akan memberi perlindungan optimal kepada cat bodi mobil.

2. Tetap Rutin Mencuci Mobil

Perawatan yang tetap harus Anda lakukan meski mobil sudah di-coating adalah rajin mencucinya. Ini bisa dilakukan setiap sesudah atau sebelum dipakai berkendara. Sehingga, mobil terbebas dari segala macam kotoran dan debu selama di perjalanan.

Media otomotif Indonesia Mobilku.org menuliskan keterangan untuk mencuci mobil harian, bisa menggunakan air bersih saja. Apabila tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci setiap hari, maka diganti dengan tiga hari sekali atau seminggu sekali. Namun, kali ini membutuhkan sampo khusus mobil.

3. Tidak Memakai Air Sembarangan

Sebelumnya Anda sudah paham bahwasannya mencuci mobil menjadi kunci utama perawatan agar tampilannya terlihat kinclong. Jangan sampai lupa, Anda tidak boleh menggunakan sembarangan air ketika mencuci kendaraan.

Seperti memakai air sumur tanpa difilter dahulu untuk membersihkannya. Memfilter air sumur sangat penting dilakukan untuk mencegah kandungan besi merusak bodi mobil.

Merawat mobil setelah di-coating bisa dimulai dengan memperhatikan air untuk mencucinya.

4. Memakai Sampo Khusus Mobil

Untuk membersihkan segala macam kotoran di bodi mobil, maka sudah banyak sampo khusus mobil yang dijual di pasaran. Produk ini hadir dengan varian harga dan kandungan yang beragam. Pilihlah shampo yang menurut Anda terbaik.

Penting diingat, umumnya mobil tidak perlu dicuci menggunakan shampo khusus sampai dua pekan lebih sesudah di-coating. Kalau soal ini silahkan Anda konsultasi kepada pihak bengkel yang melakukan coating dan minta saran kapan harus mencuci memakai sampo.

Jangan memakai sampo atau sabun sembarangan, karena bisa merusak permukaan cat bodi meski sudah di-coating sekalipun. Kerusakan terjadi secara perlahan, akibat ketidakcocokan komposisi bahan dasar dengan lapisan cat bodi mobil.

5. Memakai Lap Khusus Mobil

Terdengar sepele memang, namun perlu Anda ketahui apabila lap bisa mempengaruhi ketahanan cat bodi mobil. Diluar sana pasti masih banyak orang yang memakai lap kering untuk mengusap mobilnya sesudah dicuci.

Padahal, masing-masing mobil memiliki ketahanan cat dan bodi yang berbeda. Apabila hanya memakai lap kering, dikhawatirkan menggores bodi dan merusak tampilan seiring berjalannya waktu.

Sangat dianjurkan supaya Anda memakai kain lap microfiber. Oh iya, membersihkan kaca dan bodi mobil harus memakai lap berbeda.

Demikianlah pembahasan mengenai lima cara merawat mobil sesudah di-coating dengan benar. Apabila Anda bisa konsisten melakukan perawatan seperti di atas, maka keawetan dan tampilan bodi mobil sudah pasti terjaga baik. (*)

#Coating Body