Sabtu, 22 Januari 2022 07:26

Adnan Harap Relawan PMI se-Sulsel Tingkatkan Response Time Kebencanaan

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Adnan Purichta Ichsan
Adnan Purichta Ichsan

Saat ini sudah mulai memasuki musim hujan sesuai prediksi Badan Meteorologi Klimatologis dan Geofisika (BMKG).

MAROS -- Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan berharap seluruh relawan untuk lebih meningkatkan kecepatan merespon terhadap suatu bencana.

Hal ini disampaikan Adnan yang juga Bupati Gowa saat Tudang Sipulung Volunteer Camp dalam rangka memperingati Hari Relawan PMI Tahun 2021 di Aula Pucak Farm Kecamatan Tompobulu, Kabupateb Maros, Jum'at (21/1) malam.

"Kita patut apresiasi, alhamdulillah di setiap kebencanaan, relawan PMI selalu hadir. Namun yang menjadi PR kita kedepan bagaimana bisa lebih cepat dari yang sekarang berada di lokasi bencana untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan," ungkap Adnan.

Baca Juga : 2023, Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh Positif

Apalagi kata Adnan, saat ini sudah mulai memasuki musim hujan sesuai prediksi Badan Meteorologi Klimatologis dan Geofisika (BMKG). Terutama di bulan Januari dan Februari yang diprediksi puncak musim penghujan yang tentu ini berpotensi terjadi bencana khusus bencana alam.

"Puncak musim hujan itu bulan Januari dan Februari sesuai prediksi BMKG. Olehnya itu saya berharap teman-teman relawan betul-betul bisa mengantisipasi dan betul-betul stand by jika ada hal-hal yang tidak diinginkan," harapnya.

Selain menuntut kecepatan merespon, kedepan dirinya juga merancang untuk melakukan kerjasama asuransi dengan BPJS Ketenagakerjaan bagi seluruh relawan. Menurutnya hal ini penting untuk mengantisipasi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat relawan bertugas di lokasi bencana.

Baca Juga : Wabup Gowa Buka Musrenbang RKPD: Rencana Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis

"Sehingga Insya Allah kedepan semua relawan yang tugas harus diberikan SK tugas yang nantinya menjadi dasar untuk diberikan asuransi. Namun kita tetap berdoa agar seluruh relawan PMI selalu dalam lindungan Allah SWT ketika bertugas," ungkapnya.

Tidak hanya itu, kedepan Adnan juga mengungkapkan akan terus melakukan peningkatan kompetensi relawan sehingga mampu bekerja dan memberikan pelayanan yang kepada masyarakat dengan baik terutama ketika terjadi bencana.

"Insya Allah kita sudah jadwalkan pada bulan Maret untuk melakukan pelatihan peningkatan kompetensi relawan. Kita juga sudah buat badan sertifikasi dan kompetensi relawan. Karena semangat yang dimiliki relawan kita harus juga kita barengi dengan kompetensi," tambahnya.

Baca Juga : Masyarakat Biringbulu Sambut Bahagia Pos Pelayanan Publik

Bupati Maros yang juga Ketua PMI Kabupaten Maros, Andi Syafril Chaidir Syam mengatakan bahwa relawan PMI khususnya yang berada di Kabupaten Maros selalu menjadi garda terdepan dalam setiap kebencanaan.

"Alhamdulillah khusus relawan PMI di Kabupaten Maros betul-betul bekerja profesional dan terlibat di kegiatan-kegiatan yang membutuhkan peran kita sebagai relawan untuk turun ke lapangan dan berkolaborasi dengan semua komponen yang ada," tambahnya.

Kegiatan Volunteer Camp ini diikuti seluruh relawan PMI Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan. Berbagai kegiatan dilaksanakan, seperti Upacara Hari Relawan PMI, Tudang Sipulung, Pemilihan Koordinator Forum Relawan PMI Sulawesi Selatan, donor darah, fun game dan outbound.

#adnan purichta ichsan #PMI Sulsel #Pemkab Gowa