Minggu, 23 Januari 2022 19:20

Waspada DBD di Musim Hujan, Begini Cara Mencegahnya

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Angraeny Sari
Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Angraeny Sari

Guna mencegah merebaknya wabah kata Renny salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3M Plus.

RAKYATKU.COM, PAREPARE--Berbagai macam penyakit berpotensi mewabah di musim hujan. Salah satunya adalah demam berdarah dengue (DBD).

Penyakit yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti ini terjadi karena perilaku hidup masyarakat yang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan.

"DBD merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan kematian dan dapat terjadi karena lingkungan yang kurang bersih," kata Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Angraeny Sari, Minggu, (22/1/2022).

Baca Juga : Audiens dengan RSUD Andi Makkasau, Baznas Parepare Sosialisasi Penyaluran Zakat

Guna mencegah merebaknya wabah kata Renny salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3M Plus. Caranya yaitu dengan menguras atau membersihkan tempat penampungan air.

"Saat musim hujan maupun pancaroba, kegiatan itu harus dilakukan setiap hari untuk memutus siklus hidup nyamuk yang dapat bertahan di tempat kering selama 6 bulan, serta menutup rapat tempat penampungan air agar nyamuk tidak bisa masuk dan berkembang biak," ujar Renny.

 

"Kita juga disarankan untuk memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah, " jelasnya.

Baca Juga : Varian Baru Omicron Merebak, Tim Covid-19 RSUD Andi Makkasau Parepare Siaga

Selain itu kata Renny, masih ada berbagai cara tindakan pencegahan yang bisa dilakukan seperti memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi.

Sponsored by MGID

"Gotong royong membersihkan lingkungan, memeriksa tempat-tempat penampungan air, meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup, memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras, memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar dan menanam tanaman pengusir nyamuk," pungkasnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#DBD #RSUD Andi Makkasau #Renny Anggraeny Sari