Sabtu, 15 Januari 2022 11:26

Hari Dharma Samudera 2022, Lantamal VI Tabur Bunga di Perairan Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Prosesi tabur bunga di laut dalam rangka peringatan Hari Dharma Samudera 2022 di perairan Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (15/1/2022). (Foto: Lantamal VI Makassar)
Prosesi tabur bunga di laut dalam rangka peringatan Hari Dharma Samudera 2022 di perairan Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (15/1/2022). (Foto: Lantamal VI Makassar)

Danlantamal VI Makassar, Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari, mengatakan bahwa tabur bunga ini sebagai simbol penghargaan para pejuang pendahulu.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI Makassar) mengelar prosesi upacara tabur bunga di laut dalam rangka peringatan Hari Dharma Samudera 2022 di perairan Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (15/1/2022).

Upacara berlangsung dengan khidmat di atas kapal perang KRI Badau-841. Upacara tabur bunga diawali dengan penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah para pahlawan.

Kemudian, melakukan pelarungan bunga oleh inspektur upacara (irup) Danlantamal VI Makassar, Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari, serta tabur bunga yang diikuti para Asisten Danlantamal VI dan peserta upacara.

Baca Juga : Lantamal VL Kawal Latihan Regional Marpolex 2022 di Selat Makassar

Bertindak sebagai komandan upacara (danup) peringatan hari Dharma Samudera adalah Mayor Laut (KH) Paslan, yang dalam kesehariannya menjabat sebagai Kasubdis Kumlater Diskum Lantamal VI.

Danlantamal VI mengatakan, tabur bunga ini sebagai simbol penghargaan para pejuang pendahulu. "Kita memberikan penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan dalam mempertahankan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," ucapnya.

 

"Upacara tabur bunga di laut ini merupakan momentum untuk memperingati perjuangan para pahlawan laut yang gugur demi membela dan menegakkan kedaulatan NKRI," imbuhnya.

Baca Juga : Komandan Kapal Perang KAL Mamuju-II 6-64 Resmi Berganti

Saat berada di perairan Pulau Samalona dengan menggunakan KRI Badau-841, para peserta langsung melaksanakan upacara peringatan Hari Dharma Samudera. Setelah seluruh rangkaian kegiatan selesai, para peserta upacara kembali ke dermaga layang Mako Lantamal VI.

Sponsored by MGID

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni para Asisten Danlantamal VI, Kafasharkan Makassar, Dansatlinlamil-3 Kolinlamil, dan Dansatrol Lantamal VI. (rls)

#Lantamal VI Makassar #Hari Dharma Samudera