Jumat, 14 Januari 2022 23:52

PSM Makassar Vs Persebaya Surabaya: Gol Pluim Tak Mampu Selamatkan Pasukan Ramang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Instagram PSM Makassar.
Foto: Instagram PSM Makassar.

PSM Makassar kini tertahan di peringkat 11 klasemen sementara dengan koleksi 23 poin. Sementara, Persebaya merangsek ke posisi tiga dengan koleksi 39 poin.

RAKYATKU.COM - Persebaya Surabaya mengalahkan PSM Makassar 2-1 dalam lanjutan matchday ke-19 BRI Liga 1 2021 yang digelar di Stadion Gelora Ngurah Rai Denpasar, Bali, Jumat malam (14/1/2022).

Baru dua menit pertandingan babak pertama berjalan, kiper PSM, Hilman Syah, melakukan pelanggaran terhadap striker Persebaya, Syamsul Arif, di kotak penalti.

Taisei Marukawa yang menjadi algojo penalti berhasil membobol gawang PSM dengan tendangan yang mengecoh kiper sehingga membuat Persebaya unggul 1-0.

Baca Juga : Walkot Parepare Terus Benahi Stadion BJ Habibie Agar Lolos Verifikasi Jadi Home Base PSM Makassar

Setelah terjadi gol tersebut, Pasukan Ramang--julukan PSM--terus mencoba mencetak gol balasan. Menit ke-6, Yakob Sayuri nyaris bisa membobol gawang lawan lewat sundulannya setelah menyambut tendangan sudut. Namun, upaya itu berhasil ditepis oleh kiper Andhika Ramadhani.

PSM kembali nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-42. Bola sepakan Ferdinand Sinaga di dekat kotak penalti meleset sedikit di samping kanan gawang Persebaya.

Usaha PSM untuk menyamakan kedudukan pada babak pertama masih terus menemui kebuntuan.

Baca Juga : Laga Uji Coba Hadapi Persim Maros, PSM Makassar Menang 4-0

Sementara, Persebaya beberapa kali mendapat peluang berbahaya, tetapi belum bisa dimanfaatkan untuk menambah keunggulan. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Sponsored by MGID

Di babak kedua, alih-alih menyamakan skor, PSM malah kembali kebobolan. Pada menit ke-55, Marcelino Ferdinan membawa Persebaya unggul 2-0.

Memanfaatkan kesalahan pemain belakang PSM, Marukawa berhasil mencuri bola kemudian memberi umpan ke Marcelino. Marcelino yang tidak terkawal kemudian menceploskannya ke gawang Hilman Syah.

Baca Juga : Didaftarkan Jadi Homebase PSM Makassar, Walkot Parepare Minta Doa dan Dukungan

Setelah gol tersebut PSM belum bisa keluar dari tekanan. Beberapa kali pemain Persebaya menciptakan peluang-peluang berbahaya yang membuat Hilman Syah harus bekerja keras untuk menyelamatkan gawangnya.

PSM akhirnya berhasil memperkecil keunggulan lima menit sebelum pertandingan berakhir.

Tendangan Risky Eka yang membentur mistar gawang berhasil jatuh di kaki Willem Jan Pluim yang langsung menjebloskan bola ke gawang persebaya. Skor menjadi 2-1.

Baca Juga : Di Latihan Perdana, Pelatih PSM Fokus Tingkatkan Kebugaran Pemain

Satu menit kemudian PSM hampir menyamakan kedudukan. Ferdinand yang sudah berhadapan dengan penjaga gawang Persebaya gagal melepaskan tendangan setelah pemain bertahan Persebaya dengan cepat membuang bola tersebut.

PSM berusaha mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada, tetapi gagal membuahkan hasil. Laga tuntas dengan skor 2-1 untuk kemenangan Persebaya.

Kekalahan ini membuat PSM Makassar tertahan di peringkat 11 klasemen sementara dengan koleksi 23 poin. Sementara, Persebaya merangsek ke posisi tiga dengan koleksi 39 poin terpaut satu poin dengan Arema FC berada di posisi puncak. (*)

Penulis : Usman Pala
#PSM Makassar #Persebaya Surabaya #BRI Liga 1