Jumat, 14 Januari 2022 20:38

Arab Saudi Anggarkan Rp214 Triliun untuk Bangun Al Ula, Kota yang Dihindari Nabi Muhammad

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Welcome Saudi.
Foto: Welcome Saudi.

Al Ula punya sejarah kurang baik. Nabi Muhammad saw. pernah menghindari wilayah ini di masa lalu. Wilayah yang terletak 1.100 kilometer dari ibu kota Riyadh ini dianggap menjadi tempat di mana para jin jahat bersemayam.

RAKYATKU.COM - Arab Saudi menganggarkan sekitar USD15 miliar atau setara Rp214 triliun untuk pembangunan kota Al Ula. Rencananya, pembangunan akan berlangsung hingga 2035 nanti.

Al Ula akan menjadi sebuah kota resor demi menarik wisatawan untuk datang ke Arab Saudi.

CEO Komisi Kerajaan untuk Al Ula (RCU), Amr Almadani, mengatakan kota ini akan punya sistem trem rendah karbon sepanjang 46 kilometer. Kota ini akan menggantungkan pasokan energinya pada sumber terbarukan.

Baca Juga : Masih Ada 26 Jemaah Haji Indonesia 1444 H Dirawat di RS Arab Saudi

"Kita tak ada masalah dalam mengeksekusi fase satu, termasuk pengembangan bandara, yang sudah selesai," ujarnya dikutip Arab News, Jumat (14/1/2022).

Dalam master plan-nya, Pangeran Mahkota Mohammed Bin Salman menyebut Al Ula akan menarik 2 juta pengunjung per tahun dan menciptakan 38 ribu lapangan pekerjaan.

Jika berhasil, kota ini akan menyumbang USD32 miliar atau Rp458 triliun untuk ekonomi Kerajaan.

Baca Juga : Satu Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air Usai Jalani Perawatan di Arab Saudi

"Kami sudah masuk pasar. Kami sudah secara aktif terlibat dengan beberapa perusahaan investasi dan struktur dana agar berpartisipasi mulai hari ini," ujarnya pada peluncuran proyek Al Ula tahun lalu.

Al Ula punya memiliki situs warisan budaya kuno. Salah satunya adalah Hegra, situs warisan dunia UNESCO pertama di Saudi.

Hegra merupakan kota kuno yang memiliki hampir 100 makam dengan fasad rumit yang dipotong menjadi batu pasir. Namun, Al Ula punya sejarah kurang baik.

Baca Juga : Arab Saudi Beri Penghargaan Tiga Negara Pengirim Jemaah Haji Terbanyak

Nabi Muhammad saw. pernah menghindari wilayah ini di masa lalu. Di tengah masyarakat Arab Saudi, wilayah yang terletak 1.100 kilometer dari ibu kota Riyadh ini dianggap menjadi tempat di mana para jin jahat bersemayam.

Kisah mengenai kawasan yang dipercaya kena kutukan ini dapat ditelusuri di dalam hadis yang memperingatkan umat Islam untuk tidak memasuki kawasan tersebut. Alasannya, kawasan ini merupakan tempat kaum Tsamud yang dahulu diazab. (*)

Sumber: Arab News

#arab saudi #Al Ula