Kamis, 13 Januari 2022 08:57

Terlalu Mirip Polisi, Seragam Satpam Bakal Diubah Lagi Jadi Warna Krem

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Istimewa.
Foto: Istimewa.

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Brigjen Ahmad Ramadhan, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, menyampaikan bahwa seragam satuan pengamanan atau Satpam akan diubah menjadi warna krem. Seragam warna cokelat muda keabuan saat ini membingungkan dan mirip polisi.

Seragam Satpam mirip polisi saat ini merupakan warna perubahan dari sebelumnya berwarna biru tua. Perubahan kembali warna seragam Satpam belakangan dalam pembahasan internal kepolisian.

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Ahmad, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga : Dianggap Terlalu Mirip Polisi, Warna Seragam Satpam Bakal Diubah Lagi

Seragam Satpam saat ini dianggap terlalu mirip dengan yang dikenakan personel Korps Bhayangkara. Seragam itupun menyebabkan kebingungan di tengah masyarakat.

"Sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam," terang Ahmad.

 

Satpam, kata dia, merupakan profesi yang mengemban fungsi kepolisian terbatas. Dengan begitu, diperlukan identitas tersendiri yang berbeda dengan Polri sebagai institusi yang membinanya.

Baca Juga : Cuitan "Allahmu Lemah" Bawa Ferdinand Hutahaean Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara, Bukan Pasal Penistaan Agama

Penyesuaian seragam Satpam saat ini diatur melalui Peraturan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang diundangkan pada 5 Agustus 2020. (*)

Sponsored by MGID

Sumber: CNN Indonesia

#Polri #Seragam Satpam