Selasa, 11 Januari 2022 16:28

Presiden Jokowi: Vaksin Booster Gratis!

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Merdeka.com)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Merdeka.com)

"Untuk itu saya telah memutuskan pemberian vaksin COVID-19 ketiga ini gratis untuk masyarakat Indonesia karena sekali lagi keselamatan rakyat adalah yang utama," beber Jokowi.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa vaksinasi booster COVID-19 gratis dan akan dimulai Rabu (12/1/2022).

Warga yang diprioritaskan menerima vaksin booster adalah lansia dan kelompok rentan yang sudah divaksinasi lengkap lebih dari enam bulan.

"Pada tanggal 12 Januari pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas lansia dan kelompok rentan. Hal ini penting untuk meningkatkan kekebalan masyarakat, mengingat virus COVID-19 yang terus bermutasi. Untuk itu saya telah memutuskan pemberian vaksin COVID-19 ketiga ini gratis untuk masyarakat Indonesia karena sekali lagi keselamatan rakyat adalah yang utama," beber Jokowi dalam konferensi pers, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelumnya sudah menyetujui vaksinasi booster dengan lima jenis vaksin COVID-19. Lima jenis vaksin COVID-19 tersebut Sinovac, Moderna, AstraZeneca, Zifivax, dan Pfizer.

Jenis vaksin COVID-19 Moderna dapat diberikan secara heterolog atau berbeda dengan vaksin primer pada penerima vaksin Pfizer, AstraZeneca, dan Johnson and Johnson.

Demikian pula vaksin Zifivax juga bisa menjadi booster heterolog untuk penerima vaksin primer Sinovac dan Sinopharm. Sementara penerima vaksin primer Sinovac bisa diberikan sebagai booster homolog untuk penerima vaksin primer Sinovac. (*)

#Joko Widodo #Vaksin Booster #bpom