Sabtu, 08 Januari 2022 14:07

Layak Jadi Destinasi Wisata Unggulan di Indonesia, Kemenparekraf Sebut Danau Tempe Wajo Sangat Unik

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Festival Danau Tempe Wajo yang berlangsung pada 2021. (Foto: Pemkab Wajo)
Festival Danau Tempe Wajo yang berlangsung pada 2021. (Foto: Pemkab Wajo)

Kemenparekraf menyebut bahwa Festival Danau Tempe tergolong unik. Mengingat beragam kegiatan budaya dan ritual adat dipentaskan.

RAKYATKU.COM, WAJO - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo membangkitkan dan mengembangkan berbagai sektor pariwisata di bawah kepemimpinan Amran Mahmud terus menarik perhatian. Teranyar, dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Bahkan, kementerian yang dikomandoi Sandiaga Uno itu mulai mempromosikan Festival Danau Tempe (FDT) yang layak menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Melalui akun resminya di Instagram @kemenparekraf.ri, secara khusus memperkenalkan berbagai potensi wisata di Danau Tempe. Lengkap dengan foto kegiatan di danau yang menghubungkan Kabupaten Wajo, Soppeng, dan Sidrap itu.

Baca Juga : Lomba Inovasi Daerah Pemkab Wajo Kini Masuki Tahapan Presentasi dan Wawancara

Dalam keterangan di akun yang terverifikasi itu, Rabu (5/1/2022), Kemenparekraf menyebut bahwa Festival Danau Tempe tergolong unik. Mengingat beragam kegiatan budaya dan ritual adat dipentaskan.

"#sobatparekraf, ternyata Sulawesi Selatan punya festival danau purba yang unik banget, lho! Namanya, Festival Danau Tempe," tulisnya di paragraf pertama.

 

Setelah itu, mengurai secara singkat apa yang menjadi keunggulan dari Festival Danau Tempe yang belum lama ini digelar terbatas pasca-terhenti akibat pandemi COVID-19.

Baca Juga : Dianggarkan Rp14,5 Miliar, Jembatan Penghubung Belawa-Tanasitolo Segera Dibangun Tahun Ini

"Yuk, kita kilas balik keseruan event-nya yang telah diselenggarakan tahun lalu! Nah, pada 28 November 2021, Festival Danau Tempe diselenggarakan dan ditujukan sebagai wujud rasa syukur atas hasil danau yang sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat lokal."

Sponsored by MGID

"FDT 2021 dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan berisi ritual adat hingga pentas budaya masyarakat Wajo yang unik nan autentik," jelasnya.

Pada bagian akhir, mereka mengajak warganet untuk memperhatikan foto-foto kegiatan yang ditampilkan. Menurutnya, ada harmonisasi antara budaya dan alam di festival tahunan yang diagendakan Pemkab Wajo itu.

Baca Juga : Bupati Wajo Atensi Khusus Pernikahan Remaja SMP yang Viral

Bukan hanya itu, di beberapa foto kegiatan yang diunggah, juga memberikan takarir atau caption untuk makin menarik minat para wisatawan. Salah satunya adalah foto pesta nelayan yang dinilainya dikemas secara kolosal dan menarik.

Untuk diketahui, di Festival Danau Tempe Wajo 2021 yang digelar terbatas, beberapa perwakilan Kemenparekraf menyempatkan datang langsung. (*)

#Kemenparekraf #pemkab wajo #Festival Danau Tempe