Kamis, 06 Januari 2022 15:06

Ansan Greeners: Negosiasi dengan Asnawi Mangkualam Alot, bahkan Nyaris Gagal

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Asnawi Mangkualam (kanan) bersama bos Ansan Greeners FC, Yoon Hwa-seop. (Foto: Ansan Greeners FC)
Asnawi Mangkualam (kanan) bersama bos Ansan Greeners FC, Yoon Hwa-seop. (Foto: Ansan Greeners FC)

"Karena reaksi dan kinerja yang tidak terduga, negosiasi pembaruan kontrak memakan waktu sedikit lebih lama dan negosiasi hampir gagal," tulis Ansan Greeners di laman resmi klub.

RAKYATKU.COM - Ansan Greeners telah mengumumkan kesepakatan dan kontrak baru Asnawi Mangkualam. K-League 2 menyampaikan bahwa negosiasi sempat berjalan alot, bahkan nyaris gagal.

"Karena reaksi dan kinerja yang tidak terduga, negosiasi pembaruan kontrak memakan waktu sedikit lebih lama dan negosiasi hampir gagal. Asnawi menunjukkan performa yang lebih dari yang diharapkan, tetapi bagi Ansan dia adalah pemain spesial yang dapat mewakili karakteristik kota dengan masyarakat multikultural dan kenyamanan hidup terbaik bagi mereka," tulis mereka di situs resmi klub.

Namun, pada akhirnya Ansan dan Asnawi menemui kata sepakat. Dengan kontrak baru ini, kapten tim nasional (Timnas) Indonesia pada Piala AFF 2020 itu akan berada di Ansan hingga 2023 mendatang.

Baca Juga : Jelang Lawan Timor Leste, Asnawi Ingatkan Rekan-rekannya untuk Kerja Keras

Klub menyatakan bahwa pilihan mereka merekrut Asnawi pada 2021 lalu tidak salah. Eks penggawa Liga 1, PSM Makassar, itu dianggap mampu mengangkat popularitas klub.

Sebelum Asnawi bergabung, mereka hanya memiliki 5.000 ribu pengikut di media sosial Instagram. Namun, saat ini Ansan tercatat memiliki lebih dari 78 ribu pengikut.

"Nilai penjualan hak siar juga meningkat signifikan, dan berhasil membuktikan efek pemasaran Asia Tenggara yang selama ini hanya dibicarakan," tulis mereka.

Baca Juga : Plt. Gubernur Sulsel Serahkan Bonus Masing-Masing Rp100 Juta untuk Asnawi Mangkualam dan Irfan Jaya

Selain itu kinerja Asnawi di lapangan juga mendapatkan pujian dari pelatih Jo Min-guk. Menurutnya, Asnawi masih bisa berkembang lebih banyak lagi bersama klub divisi dua Liga Korea Selatan itu.

Sponsored by MGID

"Sekarang dia baru berusia 22 tahun, pemain muda. Karena dia adalah pemain dengan banyak potensi untuk berkembang di masa depan, saya akan mempersiapkan diri dengan baik selama musim dingin sehingga Asnawi dapat menunjukkan semua kekuatannya di lapangan pada musim 2022," kata Jo Min-guk.

Asnawi juga berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan klub. Dia pun bertekad membawa klub itu mendapatkan promosi ke liga tertinggi Korea Selatan (Korsel).

Baca Juga : Miliki Kemampuan Menyerang, Pelatih Ansan Greeners Jadikan Asnawi Mangkualam Winger

"Tahun ini, Ansan Greeners akan melakukan yang terbaik untuk bersaing mendapatkan promosi dengan hasil terbaik sejak pertama kali berdiri. Karena saya adalah pemain Indonesia yang pertama kali masuk K-League, saya ingin memberikan preseden yang baik bagi pemain Indonesia untuk bergabung ke K-League. Untuk melakukan itu, itu akan membantu tim untuk dipromosikan dengan penampilan yang lebih baik di musim 2022," kata Asnawi.

Bersama Ansan, Asnawi Mangkualam telah bermain sebanyak 14 kali musim ini. Dia sempat tergangg karena divonis positif COVID-19 serta mengalami cedera. (*)

#Asnawi Mangkualam #ansan greeners #K-League