Rabu, 05 Januari 2022 09:11

Memaksimalkan Pelayanan, RSUD Siwa Datangkan Dokter Ahli dari Unhas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Direktur RSUD Siwa, Gusaidi.
Direktur RSUD Siwa, Gusaidi.

"Berdasarkan usulan yang kami ajukan, tim visitasi dari Unhas sudah berkunjung ke RSUD Siwa pada tanggal 9 Oktober tahun 2021. Sesuai kita sepakati dokter tersebut sudah hadir di RSUD Siwa hari ini," ungkap Gusaidi, Direktur RSUD Siwa.

RAKYATKU.COM, WAJO - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siwa di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), akan mendatangkan dokter ahli dari Universitas Hasanuddin (Unhas). Ini salah satu upaya rumah sakit untuk memaksimalkan pelayanan kemasyarakatan.

RSUD Siwa yang berlokasi di Kecamatan Pitumpanua merupakan rumah sakit kedua di Wajo setelah RSUD Lamaddukelleng, Kota Sengkang. Rumah sakit ini dibangun sejak 2009 dan diresmikan pemanfaatannya pada 2012 oleh Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulsel kala itu.

RSUD Siwa merupakan rumah sakit tumpuan utama harapan masyarakat di wilayah bagian utara Wajo untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat lanjut yang tidak bisa dilayani di puskesmas.

Baca Juga : MasyaAllah! Hafiz Al-Qur'an 30 Juz Menangis Terima Sertifikat dari Bupati Wajo

Direktur RSUD Siwa, Gusaidi, mengungkapkan RSUD Siwa saat ini statusnya masih rumah sakit tipe D karena belum memiliki dokter keahlian dasar.

"Setelah kita melakukan sosialisasi dan koordinasi bersama Pemda Wajo beberapa bulan lalu, akhirnya Pemda Wajo menyetujui untuk mendatangkan dokter ahli dari Unhas, yaitu dengan mengadakan kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Unhas dalam pengadaan dokter residen," kata Gusaidi, Selasa (4/1/2022).

Dokter residen ini adalah dokter yang masih dalam proses pendidikan (tahap akhir dari proses pendidikannya) untuk memperoleh gelar keahlian dan sudah sangat mahir dan andal dalam memberikan pelayanan dalam bidang keilmuannya secara legal berdasarkan ketentuan atau regulasi berlaku.

Baca Juga : Bupati Wajo Bersyukur Ruas Jalan Provinsi Ulugalung-Salaonro Mulai Dikerjakan

"Berdasarkan usulan yang kami ajukan, tim visitasi dari Unhas sudah berkunjung ke RSUD Siwa pada tanggal 9 Oktober tahun 2021. Sesuai kita sepakati dokter tersebut sudah hadir di RSUD Siwa hari ini," ungkap Gusaidi.

Sponsored by MGID

"Sebagai informasi kepada masyarakat Kabupaten Wajo bagian utara, khususnya Kecamatan Pitumpanua, Keera, dan sekitarnya bahwa saat ini di RSUD Siwa sudah ada dokter anestesi dan ilmu bedah," beber Gusnaidi.

Gusnaidi mengatakan, dalam 1 atau 2 bulan ke depan akan ada tambahan dokter ahli dan diharapkan makin memaksimalkan layanan RSUD Siwa kepada masyarakat.

Baca Juga : Bersama Ketua TP PKK, Wakil Bupati Wajo Paparkan 8 Aksi Strategis Penanganan Stunting

"Semoga penyakit-penyakit yang terkait degan keahlian tersebut semuanya bisa ditangani di RSUD Siwa sehingga tidak perlu lagi diberikan rujukan ke rumah sakit lain," tuturnya. (*)

Penulis : Abd Rasyid. MS
#RSUD Siwa #pemkab wajo #Universitas Hasanuddin