Kamis, 30 Desember 2021 22:02

Kalla Teken Kerja Sama CSR dengan Basarnas, Panin Bank, YLBHI, dan Kedai Buku Jenny

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penandatanganan kerja sama berlangsung di Wisma Kalla, Kamis (30/12/2021).
Penandatanganan kerja sama berlangsung di Wisma Kalla, Kamis (30/12/2021).

Kerja sama dengan empat lembaga/instansi tersebut untuk menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam berbagai bidang, khususnya pendidikan, lingkungan, dan hukum.

RAKYATKU.COM, MAKASSARKalla Group meneken nota kesepahaman bersama Basarnas Sulawesi Selatan (Sulsel), Panin Bank, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Makassar, dan Kedai Buku Jenny.

Kerja sama dengan empat lembaga/instansi tersebut untuk menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam berbagai bidang, khususnya pendidikan, lingkungan, dan hukum.

Dokumen kerja sama ditandatangi oleh Subhan Djaya Mappaturung selaku Chief Corporate Secretary & Legal Officer Kalla Group, Djunaidi selaku Kepala Basarnas Sulsel, Hudli Huduri selaku Regional Manager KTI PT Panin Bank, Muhammad Haedir selaku Direktur LBH Makassar, dan Harnita Rahman selaku Pimpinan Program Kedai Buku Jenny. Acara ini dilaksanakan di Wisma Kalla, Kamis (30/12/2021).

Baca Juga : Andien Meriahkan Puncak Acara HUT 71 Tahun KALLA dalam Acara Family Gathering di Nipah Park

Kalla Group melalui Yayasan Hadji Kalla telah banyak melakukan berbagai kegiatan di bidang pendidikan, sosial dan ekonomi, kemanusiaan dan lingkungan, serta islamic care. Seperti di bidang pendidikan, Kalla telah menyalurkan beasiswa kepada ribuan pelajar di Sulawesi, bahkan Indonesia timur.

Di bidang lingkungan, Kalla juga telah banyak melakukan berbagai kegiatan, seperti penanaman pohon, mangrove, hingga penyelamatan terumbu karang. Kemudian, salah satu kegiatan di bidang ekonomi dan sosial, Kalla telah melakukan pembinaan kewirausahaan kepada masyarakat di perdesaan.

Begitupun di bidang islamic care, terdapat CSR seperti program bantuan kepada kaum duafa, tebar Al-Qur'an, hingga bantuan sarana masjid.

Baca Juga : Sukses Gelar Kalla Talks, Ini Pengakuan Peserta

Dengan adanya kerja sama dengan empat lembaga/instansi ini, diharapkan cakupan program CSR dari Kalla dapat mencapai cakupan yang lebih luas.

"CSR Kalla Group ke depan akan fokus pada kegiatan yang berdampak besar kepada masyarakat. Misalnya dengan Basarnas, kita melakukan kesepakatan untuk melakukan pendidikan dan pelatihan kepada potensi-potensi SAR dari Kalla. Jadi, karyawan-karyawan kita yang jadi volunteer akan dilatih dan terlibat dalam kegiatan-kegiatan research and rescue atau pencarian dan penyelamatan untuk korban-korban bencana alam dan lainnya," ungkap Subhan.

Begitu pula dengan kesepakatan antara Kalla dan Panin Bank dalam penanaman bibit pohon. Bentuk kerja sama ini berupa kegiatan penghijauan lingkungan untuk mengurangi pemanasan global, melestarikan alam lewat penghijauan serta mengurangi risiko terjadinya bencana alam bagi masyarakat.

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi Tenaga Surveyor, Bumi Karsa Laksanakan Pelatihan Real Time Kinematic

Untuk itu, diharapkan tak hanya sekadar menanam pohon bersama-sama, tetapi juga menjaga bibitnya hingga tumbuh dengan melibatkan berbagai pihak.

"Kemudian dengan LBH Kota Makassar, kita akan fokuskan CSR untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat. Bagaimana masyarakat, khususnya warga yang tidak mampu bisa mendapatkan akses keadilan yang bisa lebih luas dan terjamin. Dengan Kedai Buku Jenny, kita ingin memperluas literasi kepada anak-anak kurang mampu yang mungkin aksesnya terhadap buku dan komunikasi digital masih sangat terbatas," jelas Subhan.

Sementara itu, Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi, mengapresiasi Kalla yang telah menginisiasi kerja sama ini. Tentunya pendidikan dan latihan tersebut akan menambah potensi SAR untuk membantu tugas dan fungsi dalam pencarian dan pertolongan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga : 3 Program Studi Kalla Institute Raih Akreditasi Baik dari Asesor BAN PT

"Kalla Group sangat luar biasa. Dari semua perusahaan yang kami bina, baru Kalla Group yang mau melanjutkan ketika ada latihan dasar SAR. Kalau mau melanjutkan pendidikan, berarti memang sudah masuk SAR asli. Dengan adanya kerja sama ini menunjukkan bahwa Kalla Group betul-betul ingin membantu masyarakat dalam pencarian dan pertolongan saat terjadi bencana alam," tuturnya.

Regional Manager KTI PT Panin Bank, Hudli Huduri, mengungkapkan bahwa kesepakatan pengadaan bibit pohon tentunya akan membawa manfaat bagi masyarakat. Panin Bank saat ini memang sangat membuka diri untuk bekerja sama dalam penanaman pohon, seperti trembesi, ketapang kencana dan palem.

"Kita bekerja sama hingga ke sekolah-sekolah sekaligus mengedukasi pelajar bagaimana memenuhi ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Makassar dan saat ini kami juga bekerja sama dengan Kalla Group. Dengan adanya kerja sama ini, kita dapat berbuat lebih untuk masyarakat yang tentunya bermanfaat bagi kita juga. Mudah-mudahan kerja sama ini bisa kita tingkatkan secara terus-menerus," tuturnya.

Baca Juga : Kalla Group Ajak Puluhan Jurnalis Ikut Media Outing,

Pada Desember 2021, Kalla juga baru saja meneken nota kesepahaman bersama Dinas Kesehatan Kota Makassar. Kerja sama tersebut dalam penerapan Kawasan Tanpa Rokok di dua mal, yaitu Nipah dan Mal Ratu Indah (MaRI).

Penulis : Lisa Emilda
#Kalla Group