Rabu, 29 Desember 2021 13:48

Tips Memilih Kursi Pesawat yang Aman dari COVID-19 Menurut Ilmuwan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Baris terakhir pesawat, menurut para peneliti, punya transisi lebih sedikit. Itu karena lebih sedikit orang berada di belakang mereka.

RAKYATKU.COM - Ilmuwan memberikan tips dalam memilih kursi pesawat, khususnya saat bepergian pada masa pandemi COVID-19 sekarang ini.

Penulis studi dari Universitas Illinois of Urbana-Champaign, Sheldon Jacobson, mengatakan jarak jadi tantangan di pesawat. Khususnya ketika saat pesawat terisi mendekati kapasitas penuh.

"Jadi apa pun yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko merupakan pilih cerdas bagi semua orang," kata Jacobson dikutip laman UPI, Rabu (29/12/2021).

Baca Juga : Hadapi Varian Omicron, Menko Marves Luhut: Kalau Masih Mau Hidup Ikuti Imbauan

Jacobson serta para peneliti lain menggunakan data terbaru mengenai penyebaran aerosol. Ini untuk membuat model tempat dudukan mana yang paling aman di pesawat.

Disebutkan bahwa tempat duduk paling aman adalah membiarkan kursi di bagian tengah kosong dan melewatkan beberapa baris.

 

Baris terakhir pesawat, menurut para peneliti, punya transisi lebih sedikit. Itu karena lebih sedikit orang berada di belakang mereka.

Baca Juga : WHO Sebut Virus Corona Akan Jadi Bagian Ekosistem

Cara lain untuk mengurangi risiko penyebaran adalah menempatkan keluarga atau kelompok duduk bersama-sama.

Sponsored by MGID

"Kelompok wisatawan sering kali terpecah, tetapi jika maskapai penerbangan bisa memprioritaskan menjaga anggota kelompok dekat satu sama lain, maka Anda mengelompokkan risiko itu bersama-sama dan mengurangi risiko penularan di pesawat," ungkap rekan penulis studi, Ian Ludden, yang merupakan lulusan ilmu komputer.

Selain memilih kursi pesawat teraman, para ahli menekankan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker untuk mengurangi peluang terinfeksi COVID-19 atau penyakit lain.

Baca Juga : Terima Bantuan UMKM, Penjual Pisang Epe di Makassar: Terima Kasih, Pak Airlangga!

Sumber: UPI

#Kursi Pesawat #Pandemi Covid-19