Sabtu, 25 Desember 2021 09:12

Motor Mogok saat Panas, Ini Beberapa Penyebabnya

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui mengapa mesin motor mati dalam kondisi panas sehingga Anda akan mudah mengatasinya, jika mengetahui penyebabnya.

RAKYATKU.COM - Ketika terjadi motor mati kehabisan bensin memang terkadang sangat membingungkan. Saat kondisi motor sudah terpakai lama dan panas, tiba-tiba mesin motor mati begitu saja. Hal ini tentu akan menjadi kendala selama perjalanan.

Ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui mengapa mesin motor mati dalam kondisi panas sehingga Anda akan mudah mengatasinya, jika mengetahui penyebabnya.

Inilah Sebab Motor Mati Ketika Panas
Tentu saja para pengendara akan merasa panik saat mesin motor tiba-tiba mati. Apalagi bagi orang awam yang tidak mengetahui secara pasti penyebabnya. Bahkan untuk mengatasinya akan merasa bingung.

Lebih parahnya lagi bila lokasi jalan jauh dari bengkel. Untuk itu, Anda perlu mengetahui yang menjadi penyebab motor mati ketika panas.

Kekurangan Oli
Seperti diulas harapanrakyat.com, salah satu penyebab motor mogok adalah kurangnya oli. Apabila motor sering melakukan perjalanan jauh, maka mesin akan mudah panas. Hal ini menyebabkan oli dapat keluar melewati pori-pori endapan mesin.

 

Kemudian bila oli mesin kurang, maka akan berakibat pada lemahnya piston ring. Sehingga menyebabkan motor mengeluarkan asap putih pada knalpotnya.

Di samping itu, bisa jadi karena busi terkena oli dan membuat tidak tahan lama. Mesin yang makan oli akan menjadi panas, lalu menimbulkan motor mogok atau mati secara mendadak.

Sponsored by MGID

CDI Bermasalah
Komponen CDR rawan bermasalah, sehingga jika kondisi motor panas maka berujung pada mesin yang mogok mendadak. Lakukan cek komponen CDI, apakah masih bisa berfungsi apa tidak.

Sementara pada komponen koil mungkin sangat kecil terjadi kerusakan. Karena biasanya koil masih cukup bagus dalam keadaan ini.

Pengapian yang Lemah
Pengapian motor sering tidak tahan panas atau lemah. Mesin dalam kondisi panas tiba-tiba mati karena komponen spul api melemah. Penyebabnya bisa jadi komponen motor spul yang sudah terlalu lama.

Namun, bisa juga karena spul cacat dan beradu api antara satu dengan yang lainnya. Anda bisa mengecek kabel hitam list merah pada spul bagian bawah. Lalu tempelkan kabel dan putar mesin motor secara kick starter.

Untuk lebih memastikannya, cek bagian spul di ruang pembakaran. Akan tetapi, sebaiknya pengecekan ini dilakukan oleh ahlinya di bengkel tepercaya sehingga dalam proses perbaikan kedepannya lebih mudah.

Jadi, akan lebih baik bila menghindari dalam memeriksa ataupun melakukan pengecekan spull motor pembakaran secara mandiri. Hal ini bertujuan untuk mencegah hal-hal yang lebih buruk terjadi.

Permasalahan pada Busi
Faktor penyebab motor sering mati saat suhu mesin naik adalah kondisi busi bermasalah. Terutama pada bagian kepala busi yang longgar.

Segera ganti dengan busi yang baru untuk mengatasi hal tersebut. Apalagi jika usia busi telah melewati masa pemakaian sehingga perlu menggantinya dengan busi yang baru dan original.

Filter Udara Mulai Kotor
Masalah lain yang jadi pemicu suhu mesin motor panas membuatnya mati adalah filter udara bermasalah. Kondisi filter udara kotor akan menghambat masuknya udara ke ruang bahan bakar.

Padahal, udara mempunyai fungsi untuk memaksimalkan sistem pembakaran yang sempurna. Jika ruang pembakaran optimal, maka potensi mesin motor mogok dapat diminimalisir.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari memakai bahan bakar yang mempunyai kadar oktan rendah. Karena hal ini bisa jadi penyebab motor mogok.

Jika hal itu terjadi, maka motor akan mati secara mendadak. Meskipun sebelumnya telah memanasi terlebih dahulu sebelum berkendara. Apabila sudah mengetahui dan mengenali faktor penyebabnya, kemungkinan Anda akan mengetahui cara mengatasinya.

#Mogok #Mesin Motor