Jumat, 24 Desember 2021 23:59

Sidak Pasar Jelang Nataru, Andi Sudirman Sulaiman Instruksikan Tindak Tegas Pedagang yang Mainkan Harga

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sidak Pasar Jelang Nataru, Andi Sudirman Sulaiman Instruksikan Tindak Tegas Pedagang yang Mainkan Harga

Andi Sudirman menyampaikan harga cabai tinggi karena suplai cabai berkurang karena pergantian musim, demikian juga banjir terjadi di sentra produksi cabai.

RAKYATKU.COM — Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Pabaeng-Baeng, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (24/12/2021).

Sudah tersebut dihadiri juga oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sujana dan Kepala Perum Bulog Kanwil Sulselbar, Eko Pranoto dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah VI, Hilman Pujana.

Sidak tersebut dilakukan untuk memantau harga dan ketersediaan bahan pangan di daerah itu jelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Baca Juga : Pengusaha Malaysia Investasi Rp1 Triliun di Sulsel

Dalam sidak tersebut, Plt Gubernur berinteraksi dengan pedagang dan juga pembeli, ditemukan harga yang paling mengalami peningkatan tajam yakni cabai-cabaian dimana sebelumnya Rp15-20 ribu perkilo, kini untuk cabai rawit Rp85 ribu/Kg, cabai keriting Rp50 ribu/Kg dan cabai besar Rp45 ribu/Kg. Demikian juga telur mengalami kenaikan.

“Ini ada kenaikan dari bulan lalu, kalau dulu saya beli Rp5 ribu masih dapat sekitar setengah liter. Sekarang beberapa biji saja. Jadi sekarang tidak beli perkilo, beli secukupnya saja karena memang perlu," kata Ani, salah seorang pembeli.

“Tidak ada kenaikan kalau beras, kalau ada yang naik beras paling tinggi hanya Rp200/Kg,” sebut Hajja Intang, salah satu pedagang beras.

Baca Juga : Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

Andi Sudirman menyampaikan harga cabai tinggi karena suplai cabai berkurang karena pergantian musim, demikian juga banjir terjadi di sentra produksi cabai.

“Ada yang memang tinggi itu cabai rawet. Ini karena suplai yang agak berkurang diakibatkan pergantian musim bukan karena musimnya, Kebetulan pada bulan ini juga ada peralihan. Demikian juga dengan banjir di daerah sentra,” jelasnya Andi Sudirman.

Pemerintah sendiri berperan lebih akif dalam mengendalikan harga komoditas kebutuhan pokok di pasaran, kenaikan harga yang terjadi saat ini, sangat memberatkan bagi masyarakat. Melalui operasi pasar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan harga sepadan.

Baca Juga : Terobosan Penjabat Gubernur Tekan Biaya Distribusi Barang di Sulsel

“Kita sudah melakukan operasi pasar dan instruksinya pada semua wilayah-wilayah yang tinggi kita akan lakukan operasi pasar untuk beberapa hari ke depan. Termasuk cabai,” ujarnya.

“Kalau kita terus operasi pasar, insyaallah akan stabil dalam beberapa hari ke depan,” tambahnya.

Kenaikan harga yang terjadi sebutnya, karena faktor mekanisme pasar yang terjadi karena kurangnya pasokan tetapi permintaan tinggi.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Lantik Pejabat Administrasi dan Pengawas Lingkup Pemprov Sulsel

“Saya yakin tidak ada permainan (harga) dan juga Pak Kapolda sudah menegaskan ke kita bahwa akan dilakukan penindakatan tegas, itu sudah instruksi menyeluruh,” tekannya.

Sedangkan, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sujana mengambil mengatakan pihaknya ikut memantau harga dan ketersediaan bahan pangan di daerah itu jelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Kami dari awal bersama-bersama Pemda untuk melaksanakan operasi pasar. Ini sudah sampai ke tingkat kabupaten. Sampai saat ini untuk sembako kami belum menemukan adanya penimbunan-penimbunan,” ungkapnya.

Baca Juga : Serah Terima Jabatan Komandan Lantamal VI Makassar Dihadiri Penjabat Gubernur Sulsel

Sementara itu, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah VI Hilman Pujana, menyampaikan KPPU fokus di saluran distribusi, juga telah dipetakan dari hulu ke hilir sampai ke pasar.

“Kami minta untuk tidak bermain-main menghambat pasokan di pasar,” tegasnya.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel