Jumat, 24 Desember 2021 23:02

Andi Sudirman Launching Aplikasi Go Clean, Bisa Dipakai Lapor Pelanggaran Disiplin ASN

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Andi Sudirman Launching Aplikasi Go Clean, Bisa Dipakai Lapor Pelanggaran Disiplin ASN

Aplikasi Go Clean ini dapat melaporkan Whistle Blowing System (WBS) dimana masyarakat umum dapat menyampaikan pengaduan dugaan tindak pidana dan pelanggaran disiplin ASN.

RAKYATKU.COM — Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman secara resmi melaunching aplikasi Go Clean, Governance Clinic.

Launching dilakukan di aula Kantor Inspektorat Provinsi Sulsel pada Jumat (24/12/2021).

Aplikasi ini merupakan bentuk komitmen Pemprov Sulsel mewujudkan good governance serta malalui peran serta aktif Inspektorat Daerah sebagai APIP melakukan pengawalan dan pengawasan.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

“Kegiatan ini adalah upaya kita dalam rangka mempercepat akses menuju pemerintahan yang bersih dan ideal,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Pelaksana tugas Inspektorat Sulsel, Aslam Patonangi, menyebutkan Inspektorat Sulsel berinovasi melalui aplikasi Go Clean - Governance Clinic.

Nantinya akan dapat diakses oleh seluruh stakeholder mulai dari permintaan advice, review maupun pendampingan dari seluruh perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga : 10.000 Orang Hadiri Buka Puasa Akbar Pemprov Sulsel di Bone

“Aplikasi ini hadir melakukan penyederhanaan prosedur dengan melakukan digitalisasi berbagai tugas dan fungsi yang merupakan tugas Inspektorat daerah sebagai aparat pengawas internal pemerintah,” sebutnya.

Beberapa domain tugas Inspektorat sebagai aparat pengawas internal pemerintah, selayaknya sudah harus didigitalisasi karena itu lahirlah aplikasi ini.

Dengan ide dasar, keinginan kuat menjadi quality insurance (asuransi kualitas) bagi tata kelola pemerintahan di jajaran Pemprov Sulsel.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Dukung Gerakan Sedekah Pohon

“Ini merupakan bentuk peran aktif Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan dalam menciptakan Good Governance dan Clean Government,” ucapnya.

Sistem ini akan terintegrasi dimulai dari program sampai dengan sub kegiatan yang ada pada perangkat daerah.

Adapun proses permintaan advice dilakukan oleh perangkat daerah dengan cara mengirim by program dengan kriteria yang telah ditetapkan, kemudian diverifikasi oleh admin aplikasi dan akan diteruskan ke pokja yang berada di tiap inspektur pembantu (Irban). Ketika berkasnya sudah terpenuhi semuanya dan nantinya hasil permintaan advice dapat tersedia pada aplikasi ini.

Baca Juga : Peringatan Nuzululqur’an di Bone, Pemprov Sulsel Berbagi Bahagia dan Penghargaan

Salah satu fiturnya yaitu, E-Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan, yaitu Aplikasi Tindak Lanjut hasil temuan yang terdigitalisasi baik TLHP APIP maupun tindak lanjut atas LHP PDTT, audit kinerja maupun LHP lainnya.

Selanjutnya aplikasi Go Clean ini dapat melaporkan Whistle Blowing System (WBS) dimana masyarakat umum dapat menyampaikan pengaduan dugaan tindak pidana dan pelanggaran disiplin ASN serta permintaan bebas temuan bagi ASN maupun perusahaan.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan sistem lainnya yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, menggunakan sertifikat elektronik sebagai verifikasi dokumen elektronik, notifikasi WhatsApp sebagai pesan otomatis kepada pengguna.

Baca Juga : Puluhan Ribu Bibit Akan Dibagikan pada Launching Sedekah Pohon dan Buka Puasa Akbar di Bone

Acara launching ini dirangkaikan dengan penyerahan alat peraga anti korupsi kepada calon penyuluh anti korupsi pada tujuh perangkat daerah perwakilan.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel #aplikasi go clean