Jumat, 24 Desember 2021 21:00

KPU Makassar Berharap KP3 Melahirkan Pemilih yang Berintegritas

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
KPU Makassar Berharap KP3 Melahirkan Pemilih yang Berintegritas

KP3 diharapkan mampu melahirkan pemilih yang berintegritas, pemilih yang menolak politik uang dan tidak terpengaruh berita SARA, tidak menyebar dan bisa memfilter berita hoax serta pemilih yang aktif menggunakan hak pilih dan otonom.

RAKYATKU.COM - KPU Kota Makassar melaksanakan kegiatan launching dan orientasi Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (KP3), Rabu (22/12/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Asia Makassar. Dihadiri Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Faisal Amir; Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Makassar, Drs H Zainal Ibrahim, MSi.

Kegiatan ini juga dihadiri ketua, anggota, sekretaris, dan staf sekretariat KPU Kota Makassar serta kader KP3 perwakilan dari setiap lokus kelurahan masing-masing yakni Bara-Baraya Utara, Lette, Gunung Sari, Pandang, Manggala, Daya, Cambayya, Layang, dan Maccini Sombala yang ada di Kota Makassar.

Baca Juga : Jelang Pemilu 2024, KPU Makassar Gelar Simulasi Tahapan Pemilu dan Pemantapan Aplikasi SIREKAP

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan umum Republik Indonesia Nomor: 290/PP.06-Kpt/06/KPU/IV/2021 tentang petunjuk teknis pelaksanaan program Desa peduli pemilihan umum dan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota dan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kota Makassar dengan KPU Kota Makassar tentang Pembentukan Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (KP3).

Endang Sari mengatakan, KP3 diharapkan mampu melahirkan pemilih yang berintegritas, pemilih yang menolak politik uang dan tidak terpengaruh berita SARA, tidak menyebar dan bisa memfilter berita hoax serta pemilih yang aktif menggunakan hak pilih dan otonom.

"Pemilih yang berintegritas akan menjadi fondasi kuat bagi negara dalam melahirkan pemimpin yang ideal," kata Endang yang merupakan koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM, dan Partisipasi Masyarakat.

Baca Juga : PPK Biringkanaya dan PPS Kelurahan Sudiang Raya Sosialisasi Pemilu 2024 di Sekolah

Ia menambahkan, KPU Kota Makassar tentunya ingin berkontribusi dalam melahirkan pemimpin yang ideal, sehingga ada atau tidak ada tahapan proses pendidikan pemilih tetap harus diadakan.

Sepanjang tahun 2021, KPU Kota Makassar secara swadaya sudah turun ke masyarakat di beberapa kelurahan untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih, dan KP3 ini tentunya akan dijalankan semakin aktif di tahun 2022, 2023, dan 2024.

"Pemilu maupun pilkada merupakan kerja kolektif, sehingga KPU tidak bisa sendiri, sehingga peran kader KP3 sangat penting. Selain itu, agenda demokrasi merupakan agenda terbuka, sehingga seluruh masyarakat perlu terlibat. Bukan hanya terlibat sebagai peserta pemilu, tetapi juga terlibat sebagai penyelenggara pemilu yang dapat mengawal seluruh agenda demokrasi," bebernya.

Penulis : Syukur
#kpu makassar