Rabu, 22 Desember 2021 19:11

Staf Ahli Mendagri Harap Wahdah Islamiyah Bangun Perekonomian Umat Melalui Wakaf

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dr Hamdani
Dr Hamdani

Pengelolaan wakaf yang profesional adalah menentukkan efektifitas manfaat wakaf dalam pembangunan di segala lini kehidupan masyarakat baik bidang ekonomi, sosial, pendidikan dan lainnya.

RAKYATKU.COM,JAKARTA – Staf Ahli Menteri Dalam Negeri, Dr Hamdani, MM, MSi, Ak menyampaikan ceramah umum Kebangsaan dan Kebhinnekaan di sela perhelatan Muktamar IV Wahdah Islamiyah yang dilakukan online, Selasa (21/12/2021).

Dalam penyampainnya bahwa peran wakaf sangat penting bagi dalam membangun perekonomian umat.

“Wakaf menjadi sarana untuk membangun perekenomian umat. Hal ini dikarenakan harta benda wakaf diperuntukan untuk kesejahteraan umum, tidak untuk kepentingan pribadi maupun golongan. Karena ikrar wakaf diperuntukan dan diberikan kepada nazhir harta benda tersebut dikelola dan dikembangkan oleh nazhir,” ujarnya.

Baca Juga : Wapres Ma'ruf Amin: Dua Dekade Ustaz Zaitun Mendampingi Saya

Pengelolaan wakaf yang profesional adalah menentukkan efektifitas manfaat wakaf dalam pembangunan di segala lini kehidupan masyarakat baik bidang ekonomi, sosial, pendidikan dan lainnya.

“Peruntukan harta benda wakaf hanya dapat diperuntukan sarana dan kegiatan ibadah, sarana dan kegiatan pendidikan serta kesehatan, kemajuan dan peningkatan ekonomi ummat. Selain itu juga bisa diperuntukan untuk bantuan kepada fakir miskin, anak terlantar, yatim piatu dan beasiswa,” tegasnya.

Ia menegaskan, harta menjadi sarana untuk membangun perekonomian umat. Hal ini dikarenakan harta benda wakaf diperuntukkan untuk kesejahteraan umum. Oleh karena itu, ia menghimbau, peranan ormas dalam menggarap wakaf ini bisa diseriusi.

Baca Juga : Menko Polhukam: Ormas Wahdah Islamiyah Motor Penggerak Islam Moderat di Indonesia

“Pandemi benar-benar memukul semua sektor. Tercatat di data kami jumlah penduduk yang menganggur karena Covid-a9 berjumlah 1,82 juta jiwa. Sementara yang tidak bekerja karena Covid berjumlah 1,39 juta,” paparnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, lanjutnya, pemerintah telah mendorong penguatan tata kelola zakat-wakaf di berbagai aspek. Regulasi, infrastruktur, dan pembinaan secara simultan, disempurnakan setiap waktu. Pemerintah terus membangun infrastruktur dan SDM zakat-wakaf, agar keduanya tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Di akhir sambutannya, Dr Hamdani berharap kepada Wahdah Islamiyah agar memanfaatkan peranan media sebagai transparansi dalam wakaf dan mengambil peran yang besar untuk membangun perekonomian umat.

Baca Juga : Jadi Pemateri pada Muktamar Wahdah Islamiyah, Mahfud MD: Jangan Takut Dibilang Ekstrem

“Saya berharap Wahdah mengambil peranan media yang ada, orang ber wakaf banyak yang tidak tau apa yang mereka telah wakafkan dan pendistribusiannya. Sehingga pentingnya transparansi dalam wakaf. Kami mendukung sekali dengan adanya badan wakaf Wahdah dan kami mengapresiasi dalam mengambil peran, utamanya dalam bidang wakaf,” tutupnya.

#Muktamar Wahdah Islamiyah