Rabu, 22 Desember 2021 18:02

Bicara di Depan Kader HMI, Taufan Pawe Terangkan Pentingnya Peran Media dalam Pemerintahan

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bicara di Depan Kader HMI, Taufan Pawe Terangkan Pentingnya Peran Media dalam Pemerintahan

TP bilang, di era kemajuan media saat ini, pemerintahan ibarat akuarium yang bisa disorot dari berbagai sudut.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) menjadi narasumber dalam pelatihan jurnalistik tingkat dasar dan kelas desain yang digelar Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Makassar, di Marina Beach Hotel, Kota Makassar, Selasa malam (21/12/2021).

Wali kota Parepare dua periode ini mengapresiasi kader-kader HMI yang tertarik dalam dunia jurnalistik. Baginya, pers memiliki peran vital bagi negara demokrasi seperti Indonesia. Selain menyampaikan informasi kepada masyarakat, pers berperan sebagai alat kontrol bagi pemerintah.

"Tidak ada proses tata kelola pemerintahan yang bisa dipandang berhasil kalau tidak ada transparansi. Keterbukaan ini harus diolah dengan baik jurnalis yang pada akhirnya pemenuhan akan hak informasi masyarakat itu terpenuhi," katanya.

Baca Juga : Ketua Tim Pemenangan Taufan Pawe Tegaskan Tidak Ada Timses Lakukan Money Politik

TP menambahkan, di era kemajuan media saat ini, pemerintahan ibarat akuarium yang bisa disorot dari berbagai sudut. Sehingga pemerintahan dan media harus menjaga sinergitas untuk memberikan informasi edukatif kepada masyarakat.

"Ini persoalan hulu dan hilir, hulunya adalahn kerja-kerja pemerintahan yang orientasinya mensejahterahkan masyarakat, hilirnya adalah sampainya informasi itu kepada masyarakat. Karena informasi itu adalah hak dasar masyarakat untuk mengetahui apa saja yang dikerjakan pemerintah," ungkapnya.

Ketua Golkar Sulsel ini mengaku bangga bisa menjadi pembicara di tengah kader-kader HMI. TP mengungkapkan, dirinya selalu antusias jika ada kegiatan pelajar, mahasiswa atau masyarakat. Namun karena jadwal yang padat, kehadirannya biasa terlewatkan.

Baca Juga : Aksa Mahmud dan Taufan Pawe Saling Puji di Pantai Indah Bosowa

"Saya dalam setiap kesempatan tidak melihat kegiatan harus banyak orang. Pendekatan saya adalah pendekatan kualitas. Kalaupun kita hadir di sini dengan jumlah terbatas tapi output dan outcome-nya ini sangat menjanjikan untuk berbangsa dan bernegara," katanya.

Sementara Direktur Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Makassar, Arif Wangsa Dg Nai bangga sosok seorang Taufan Pawe (TP).

Betapa tidak, dirinya tidak menyangka kegiatan yang digelar lembaganya dihadiri langsung Wali Kota Parepare Taufan Pawe.

Baca Juga : Ke Bone, Taufan Pawe Hadiri Pernikahan dan Sapa Kader Golkar

Dirinya mengaku, biasanya kegiatan mahasiswa yang berskala kecil atau sederhana tidak dilirik seorang kepala daerah.

"Saya sangat kagum dan apresiasi sekali seorang Taufan Pawe bisa menyempatkan waktunya untuk mengikuti kegiatan kami yang sederhana ini. Ini suatu kehormatan bagi kami," kata Arif Wangsa.

Arif Wangsa menjelaskan, kehadiran dan materi yang disampaikan Wali Kota Parepare Taufan Pawe sangat penting bagi peserta yang mengikuti pelatihan yang bertemakan Media Sebagai Pilar Pembangunan Indonesia. Mengingat baru-baru ini Pemkot Parepare meraih penghargaan tertingggi dalam keterbukaan informasi dari Komisi Informasi Sulsel.

Baca Juga : Sumbang Kambing Akikah, Taufan Pawe: Salam Hangat dari Airlangga Hartarto

"Tentu kami sangat mengagumi Pak TP dalam memimpin Kota Parepare dengan capaian prestasi begitu banyak .Salah satunya penghargaan keterbukaan informasi paling tertinggi yang diraih Pemkot Parepare se-Sulsel. Ini menjadi barometer bagi kami kenapa kami hadirkan. Beliau sudah teruji dalam tata kelola pemerintahan dan begitu banyak prestasinya. Jadi pantas kami jadikan inspirasi," pungkasnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#HM Taufan Pawe