Rabu, 22 Desember 2021 15:07

816 Siswa SPN Polda Sulsel Resmi Dilantik Jadi Anggota Polri

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Upacara penutupan pendidikan pembentukan Bintara Polri TA 2021 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua, Polda Sulsel, Rabu (22/12/2021).
Upacara penutupan pendidikan pembentukan Bintara Polri TA 2021 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua, Polda Sulsel, Rabu (22/12/2021).

Mereka berasal dari pengiriman tiga polda, yakni Polda Sulsel, Polda Sulawesi Barat (Sulbar), dan Polda Kalimantan Utara.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan (Sulsel), Irjen Pol. Nana Sudjana, memimpin upacara penutupan pendidikan pembentukan Bintara Polri TA 2021 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua, Polda Sulsel, Rabu (22/12/2021).

Sebanyak 816 siswa SPN Polda Sulsel resmi dilantik menjadi anggota Polri. Mereka berasal dari pengiriman tiga polda, yakni Polda Sulsel, Polda Sulawesi Barat (Sulbar), dan Polda Kalimantan Utara. Pelantikan juga secara serentak dilaksanakan di Pusdik-Pusdik Polri dan seluruh SPN se-Indonesia.

Proses pelantikan dan pengambilan sumpah diawali pemeriksaan pasukan dan pernyataan penutupan pendidikan oleh Kapolda Sulsel selaku inspektur upacara.

Baca Juga : Polda Sulsel Siapkan Pengawasan Ketat Distribusi BBM Jelang Lebaran

Kemudian, dilanjutkan penanggalan tanda siswa, pemasangan tanda pangkat efektif, penyerahan ijazah, dan pemberian penghargaan kepada tiga orang siswa terbaik pada bidang akademik, mental, dan jasmani.

Nana Sudjana menyampaikan amanat Kalemdiklat Polri bahwa keberhasilan dalam menyelesaikan pendidikan adalah anugerah dari Allah Swt. yang patut disyukuri. Para lulusan Diktukba Polri dituntut membuktikan bahwa mereka adalah anggota Polri berprestasi.

"Menjadilah garda terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dan perlu diingat saat ini banyak kejahatan yang memanfaatkan kemajuan TI (teknologi informasi) sehingga menuntut Polri untuk terus belajar dan bekerja keras di era 4.0 ini," jelas Nana Sudjana.

Baca Juga : Perampok Rumah Mewah Ditangkap Unit Jatanras Polrestabes Makassar

Jenderal bintang dua tersebut juga menyampaikan beberapa penekanan, antara lain agar meningkatkan selalu keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berpegang teguh dan amalkan nilai-nilai Tribrata Polri dan Catur Prasetya Polri.

Ia juga meminta agar seluruh Bintara Polri memahami dengan baik dan melaksanakan tugas dengan ikhlas dan sungguh serta menjadi sosok panutan bagi masyarakat.

"Jaga sinergitas bersama TNI dan seluruh stakeholder," jelas mantan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) ini.

Penulis : Usman Pala
#Polda Sulsel #SPN Batua