Rabu, 22 Desember 2021 10:09

Gelar Ramah-tamah dan Lepas 103 Orang Alumninya, Ini Harapan Dekan FKIP UIM

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ramah-tamah dan pelepasan lulusan calon wisudawan sarjana FKIP UIM di Hotel Claro, Selasa malam (21/12/2021).
Ramah-tamah dan pelepasan lulusan calon wisudawan sarjana FKIP UIM di Hotel Claro, Selasa malam (21/12/2021).

Dekan FKIP UIM, Badruddin Kaddas, sebelum melepas secara resmi para lulusan calon wisudawan mengemukakan bahwa lulusan FKIP UIM telah dibekali dengan kompetensi, keterampilan, dan karakter yang mumpuni dan siap terserap di dunia kerja.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar (UIM) menggelar ramah-tamah dan pelepasan lulusan calon wisudawan sarjana di Hotel Claro, Selasa malam (21/12/2021).

Ketua panitia, Erniati, dalam laporannya mengatakan ramah-tamah FKIP ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi para alumni lulusan dan para orang tua lulusan dengan civitas academica FKIP UIM.

Apalagi, kata Erniati, mahasiswanya yang dinyatakan lulusan calon wisudawan sarjana dan akan diwisuda pada 27 Desember 2021 nanti.

Baca Juga : Pacu Penelitian dan Pengabdian, FKIP UIM Bersama BRIN Gelar Seminar Proposal Penelitian

"Ramah-tamah ini diikuti 103 lulusan yang berasal dari empat program studi, yaitu sebanyak 54 orang lulusan dari prodi PGSD, 31 orang lulusan dari prodi PG-PAUD, 12 orang lulusan dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan 6 lulusan dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris," kata Erniati.

Dekan FKIP UIM, Badruddin Kaddas, sebelum melepas secara resmi para lulusan calon wisudawan mengemukakan bahwa lulusan FKIP UIM telah dibekali dengan kompetensi, keterampilan, dan karakter yang mumpuni dan siap terserap di dunia kerja.

 

"Alhamdulillah mulai tahun 2017 sampai sekarang FKIP UIM telah menghasilkan alumni sebanyak 588 orang dan ditambah 103 orang mala mini, maka semuanya berjumlah 691 orang alumni," ujar Badruddin.

Baca Juga : Prodi PGSD dan Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UIM Gelar Lokakarya MBKM

Para alumni ini, kata Badruddin, telah tersebar di seluruh pelosok nusantara dan berdasarkan hasil pelacakan, alumni FKIP sudah terserap di dunia lapangan kerja sebanyak 91 persen.

Sponsored by MGID

Lanjut Badruddin menyampaikan bahwa telah banyak alumni FKIP di antaranya lulus menjadi PNS, ASN PPPK, wirausaha, pengelola lembaga pendidikan, dan bahkan mahasiswa sudah menjadi guru di beberapa sekolah mitra FKIP UIM setelah melaksanakan PPL/KKN atau sebelum mereka menyelesaikan studinya.

"Ini menjadi bukti nyata bahwa lulusan FKIP UIM memiliki kelebihan sehingga dapat diterima di dunia kerja," ucapnya.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, FKIP UIM Gelar Workshop LMS bagi Dosen

Badruddin menambahkan, para lulusan patut berbangga bisa menyelesaikan pendidikan di FKIP UIM yang semua prodinya telah terakreditasi B oleh BAN PT.

Menurutnya, para lulusan telah dididik oleh dosen yang tersertifikasi dan eksis secara regional maupun nasional, seperti menjadi asesor sekolah penggerak, pelatih ahli untuk program sekolah penggerak, asesor BAN SM/PNF/PAUD SulSel dan anggota BAN PNF/PAUD, instruktur nasional dan fasilitator provinsi program PKB Kemenag, supervisor pemetaan mutu PAUD, pengajar diklat penguatan kepala sekolah dan calon kepala sekolah, serta lain-lainya.

Selain itu, kata Badruddin, semua prodi FKIP UIM telah memenangkan hibah pengembangan kurikulum berbasis merdeka belajar kampus merdeka dan telah diimplementasikan mulai semester genap tahun ajaran 2020--2021.

Baca Juga : Sambut Mahasiswa Baru, Dekan FKIP UIM: Kuliah FKIP UIM Pilihan Tepat

"FKIP UIM telah banyak meloloskan mahasiswa dan dosen dalam beberapa program MBKM yang dibiayai oleh Kemdikbudristek seperti kampus mengajar dan pertukaran mahasiswa merdeka," ucap Badruddin.

Badruddin berharap agar para alumni nantinya bisa menjaga nama baik almamater UIM khususnya FKIP dan berharap kepada semua alumni FKIP agar tidak hanya bisa terserap dalam dunia kerja, tetapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan khususnya dalam bidang pendidikan.

Sebab, kata Badruddin, selama kuliah di FKIP mereka telah dibekali dengan mata kuliah kewirausahaan dan entrepreneurship sebagai modal ketika terjun di dunia kerja.

Baca Juga : Pahami Mekanisme dan Pelaksanaan Kebijakan MBKM, Kampus UIM Dapat Apresiasi Kemendikbud Ristek

Sementara itu, Rektor UIM yang diwakili oleh Wakil Rektor 2, La Sumange, memberikan ucapan selamat dan sukses kepada semua alumni FKIP yang berjumlah 103 orang lulusan dan juga kepada semua orang tua lulusan FKIP.

"Kalian lulus pada fakultas yang mengharumkan nama baik UIM melalui beberapa capaiannya selama ini, maka sepantasnyalah kalian bangga selesai di FKIP UIM," ujar La Sumange.

Ia pun merasa sangat bangga dan mengapresiasi capaian yang telah diraih oleh FKIP dan berharap ke depan FKIP UIM tetap mengembangkan diri untuk berinovasi memajukan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia serta menjadikan UIM sebagai kampus terkemuka di kawasan timur Indonesia.

Penulis : Usman Pala
#Universitas Islam Makassar #FKIP UIM