Senin, 20 Desember 2021 21:02

Dekranasda Parepare Kolaborasi Pemkot Ajari Kaum Milenial Membatik Shibori

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dekranasda Parepare Kolaborasi Pemkot Ajari Kaum Milenial Membatik Shibori

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas kaum milenial sehingga mampu tampil kreatif dan produktif di masa pandemi.

RAKYATKU.COM,PAREPARE -- Setelah sukses melatih ibu-ibu, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Parepare di bawah kepemimpinan Hj Erna Rasyid Taufan berkolaborasi pemerintah kota kembali memberikan pelatihan keterampilan membatik teknik shibori kepada para kaum milenial.

Kegiatan yang dikemas dalam workshop ini digelar selama dua hari, yakni 20 hingga 21 Desember di Hotel Bukit Kenari.

Kegiatan itu dibuka langsung Ketua Dekranasda Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan didampingi Sekretaris Dinas Perdagangan, Prasetyo.

Baca Juga : Dekranasda Parepare Gelar Moeslem Fashion Week 2023

Penanggung jawab kegiatan, Hj Ida Hamdah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas kaum milenial sehingga mampu tampil kreatif dan produktif di masa pandemi.

"Dalam situasi pandemi Covid-19, Ibu Wali Kota yang juga Ketua Dekranasda berharap agar kaum milenial bisa menciptakan batik produk sendiri sesuai kreativitas masing anak-anak," ujar Ida, sapaan karib dia.

Batik dengan teknik ini, lanjut Ida, kian merajai pemasaran berbasis digital.

Baca Juga : Hadiri Sulsel Craft Expo di Samarinda, Erna Rasyid Taufan Promosikan Olahan UMKM Parepare

"Apalagi kita ketahui anak-anak atau remaja saat ini tidak lagi gaptek dengan digital atau IT sehingga memudahkan mereka dalam pemasaran produk batik yang dihasilkan," imbuh Ida.

Kegiatan itu diikuti 40 kaum milenial yang didominasi para remaja yang tergabung dalam kepengurusan PKK Remaja Kelurahan Watang Bacukiki.

"Hasilnya membatik mereka ternyata bagus-bagus dan bisa memotivasi anak milenial untuk berkarya," paparnya.

Baca Juga : Luncurkan Batik Cinta Ainun Habibie di Hari Jadi Sulsel, Erna Rasyid Taufan Menangis Haru

Pelatihan membatik teknik Shibori ini menghadirkan narasumber Tim Ahli, Zulfitriani Mustaka.

Ketua Dekranasda Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan berharap masa pandemi menjadi ajang untuk produktif sehingga mendukung tahun pemulihan ekonomi yang dicanangkan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

"Remaja merupakan pewaris tongkat estafet pembangunan. Di tangan mereka lah penentu nasib bangsa dan kota kita. Mereka gesit, kreatif, dan produktif sehingga potensi ini menjadi modal sehingga kita perlu memberikan pelatihan dalam mengasah keterampilan mereka. Selain itu, juga agar keseharian mereka diisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat," harap Erna yang baru ini terpilih secara aklamasi sebagai ketua DPD II Golkar Parepare.

Baca Juga : Dekranasda Parepare Berbagi Ratusan Paket Sembako untuk UKM

Ia menekankan, batik yang dihasilkan dalam pelatihan tersebut tetap memperhatikan motif dan ciri khas Parepare sehingga menjadi nilai jual yang tinggi.

Penulis : Hasrul Nawir
#Dekranasda Parepare