Jumat, 17 Desember 2021 19:01

Parkir Pun Harus Diperhatikan, Honda Astra Motor Berbagi Tips Berkendara Aman

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Parkir Pun Harus Diperhatikan, Honda Astra Motor Berbagi Tips Berkendara Aman

Honda Astra Motor Sulawesi Selatan ingin berbagi tips dalam berkendara yang aman saat berlibur dengan membawa barang bawaan.

RAKYATKU.COM -- Memanfaatkan momentum Natal dan Tahun Baru biasanya sebagian masyarakat menggunakan liburan Nataru dengan mudik atau keluar kota.

Tak jarang, para pemudik menggunakan kendaraan bermotor dan membawa barang yang cukup banyak yang berpotensi membahayakan keamanan berkendara.

Oleh karena itu, team Safety Riding Astra Motor Sulsel melalui safety riding instructor Abdul Kadir berbagi tips bagaimana cara membawa barang bagi pengguna roda dua agar tetap aman dan nyaman saat mudik apalagi dengan jarak yang cukup jauh.

Baca Juga : Asmo Sulsel Perkenalkan Honda New Genio ke Khalayak Makassar

Abdul Kadir mengatakan momen Nataru ini tentunya akan banyak digunakan oleh para pengendara khususnya roda dua untuk pulang kampung, dan melewati Natal serta malam pergantian tahun bersama keluarga.

Honda Astra Motor Sulawesi Selatan ingin berbagi tips dalam berkendara yang aman saat berlibur dengan membawa barang bawaan:

 

1. Sebaiknya menggunakan alat bantu muat barang seperti ,Cutom box,Bracket box,Tas pelana/obrox,Tas Punggung,dan pastikan perlengkapan tersebut tidak mengganggu aktivitas pengendara.

Baca Juga : Asmo Sulsel Edukasi Safety Riding di SMK Tri Tunggal 45 Makassar

2. Jangan membawa barang secara berlebihan meskipun menggunakan alat bantu.

Sponsored by MGID

Sebagai pengendara hal yang harus diketahui saat membawa barang meskipun dengan menggunakan alat bantu,tidak melanggar aturan berlalulintas dan jalan raya, seperti tertuang pada Nomor 74 tahun 2014 tentang barang bawaan atau tepatnya merujuk ke pasal 10 Ayat 4 dan pasal 11 dimana salah satu pointnya adalah tinggi barang bawaan adalah maksimal 60 cm dengan lebar tidak melewati kaca spion kiri dan kanan .

Alat bantu muat barang terpasang dengan baik, dan terpasang kuat dan benar. Barang bawaan tertata rapih. Sesuaikan dengan kapasitas, pastikan dapat terkunci dengan aman.

Baca Juga : Asmo Sulsel-GoJek Makassar Hadirkan GoPay Customer Competition Berhadiah Satu Unit Honda Scoopy

Jika terpaksa harus mampir parkirlah ditempat yang aman dan terjangkau oleh pandangan mata. Selalu mengutamakan keselamatan.

"Kita harus menaati peraturan lalu lintas saat berkendaraan agar selamat sampai tujuan," tutup Abdul Kadir.

Penulis : Lisa Emilda
#Astra Motor Sulsel