Rabu, 15 Desember 2021 08:14

Rakor Persiapan Ops Lilin 2021 di Barru: Target Vaksinasi Jelang Tutup Tahun

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Selasa (14/12/2021).
Rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Selasa (14/12/2021).

Capaian vaksinasi di Kabupaten Barru sudah ada 75.573 jiwa yang menerima vaksin dosis 1 atau 61 persen. Sementara, target akhir tahun pemerintah adalah 70 persen.

RAKYATKU.COM, BARRU - Mewaspadai lonjakan COVID-19 saat Natal dan tahun barru serta percepatan vaksinasi akhir tahun menjadi topik dalam rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Selasa (14/12/2021).

Dalam rapat itu, Bupati Barru, Suardi Saleh, mengimbau agar seluruh elemen dapat memastikan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat sesuai pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19. Suardi Saleh juga mendukung pelaksanaan Ops Lilin 2021 polisi yang berfokus pada dua topik tersebut.

Mantan Kepala Bappeda Pinrang ini mengemukakan bahwa Barru saat ini berada pada zona hijau dan level dua PPKM. Oleh karena itu, ia meminta semua elemen dapat menjaga dan mengawal kondisi ini.

Baca Juga : Dari Dusun Nepo, Bupati Barru Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional: Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju!

Selain itu, upaya akselerasi capaian vaksinasi dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh kelompok menjadi perhatiannya. "Mari kita lakukan percepatan vaksinasi jelang akhir tahun ini," katanya.

Sesuai data yang dihimpun, capaian vaksinasi di Barru sudah ada 75.573 jiwa yang menerima vaksin dosis 1 atau 61 persen. Sementara, target akhir tahun pemerintah adalah 70 persen.

Dalam rapat lintas sekotoral itu, Bupati juga meminta para kepala desa aktif mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi. "Buatkan jadwal perenacanaan titik-titik vaksinasi. Semua elemen harus bersatu dalam rangka percepatan vaksinasi," ujarnya.

Baca Juga : Bupati Janji Umrah, Kafilah Barru Berlaga di MTQ XXXIII Sulsel Target Raih Prestasi

Sementara itu, Kapolres Barru, AKBP Liliek Tribhawono, dalam rapat itu mengatakan bahwa antipasi lonjakan kasus COVID-19 jelang akhir tahun menjadi tanggung jawab kita bersama.

Dalam Ops Lilin 2021 nantinya yang dibutuhkan kesiapan personel gabungan sekitar 100 orang terdiri atas kepolisian, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan yang akan disiagakan di pos titik perbatasan.

"Kita juga tempatkan pos di pelabuhan terkait pelaku perjalanan yang masuk dapat dipermudah pengecekannya," tuturnya.

Baca Juga : Jambore Pendidikan Barru Digelar di Kaki Gunung Nepo, Bupati Janji Akses Jalan Segera Diperbaiki

Dalam Rakor ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Barru, Kamil Ruddin, Kajari, Ardi Suryanto, Ketua Pengadilan Negeri, Ronny Widodo, dan Pabung Dandim 1405, Mayor Infanteri Khalid.

Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Kesehatan, Amis Rifai, Kepala Dinas Disdukcapil, Nasaruddin M, Kepala Dinas Perhubungan, Anshar Tahir, Kepala Satpol PP dan Damkar, Sabirin, para Camat, danramil, kapolsek, kepala puskesmas, kepala desa, dan lurah se-Barru.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #Ops Lilin 2021