Sabtu, 11 Desember 2021 12:05

Presiden Erdogan Marah, Negaranya Produksi Buku Bergambar Nabi Muhammad

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Depo Photos/Rex/Shutterstock)
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Depo Photos/Rex/Shutterstock)

"Meskipun saya tidak memiliki pengetahuan langsung, saya cukup sedih bahwa itu terjadi di bawah pemerintahan yang menjadi tanggung jawab saya," kata Erdogan.

RAKYATKU.COM - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, marah atas terbitnya buku teks untuk anak-anak Suriah dari Turki yang memuat gambar Nabi Muhammad saw.

Pemimpin berusia 67 tahun itu menyebutnya sebagai aib. Sosok pemimpin yang dikenal sebagai muslim taat itu berjanji meluncurkan penyelidikan untuk mencari siapa yang bertanggung jawab.

"Meskipun saya tidak memiliki pengetahuan langsung, saya cukup sedih bahwa itu terjadi di bawah pemerintahan yang menjadi tanggung jawab saya," kata Erdogan dalam pertemuan yang disiarkan televisi di Ankara, dikutip AFP, Sabtu (11/12/2021).

Baca Juga : Begini Suasana Salat Idulfitri di Masjid Hagia Sophia Turki

"Kami akan melakukan apa yang diperlukan tentang situasi ini, yang tidak memiliki alasan, dan menindaklanjuti sampai mereka yang bertanggung jawab."

Buku itu sendiri disebar untuk mata pelajaran agama di Suriah. Di dalamnya, dimuat bagaimana seorang pria berjanggut dengan sweter muda dan celana merah mengumpulkan putrinya sekolah yang dialamatkan ke Nabi Muhammad saw.

 

Buku yang diterbitkan Kementerian Pendidikan Turki itu membuat sejumlah kota Suriah memanas. Penduduk melakukan protes keras dan pembakaran.

Baca Juga : Bertemu Presiden Israel, Erdogan Marah Soal Bentrokan di Masjidilaqsa

Pejabat lokal di wilayah Suriah utara di bawah kendali Turki memutuskan menarik buku tersebut. Penggambaran visual Nabi Muhammad saw secara eksplisit dilarang dalam ajaran Islam karena hal itu dianggap sebagai bentuk penistaan.

#Recep Tayyip Erdogan #Turki #Kartun Nabi Muhammad