Sabtu, 04 Desember 2021 13:08

Tel Aviv Jadi Kota Termahal di Dunia, Bukan Lagi Paris

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kota Tel Aviv. (Foto: Unplash/Shai Pal)
Kota Tel Aviv. (Foto: Unplash/Shai Pal)

Paris dan Singapura berada di urutan kedua, diikuti Zurich dan Hong Kong. Peringkat selanjutnya secara berturut-turut ditempati oleh New York, Jenewa, Kopenhagen, Los Angeles dan Osaka yang menduduki peringkat sepuluh.

RAKYATKU.COM - Tel Aviv menjadi kota termahal di dunia untuk ditinggali saat lonjakan inflasi telah menaikan biaya hidup secara global. Ini menurut survei terbaru yang dirilis pada awal Desember 2021 ini.

Kota di Israel itu naik lima peringkat ke tempat teratas untuk pertama kalinya dalam pemeringkatan otoritatif yang disusun oleh lembaga Economists Intelligence Unit (EIU).

Indeks Biaya Hidup Sedunia itu dikumpulkan dengan membandingkan harga-harga dalam mata uang dolar Amerika untuk barang dan jasa di 173 kota.

Peringkat Tel Aviv naik karena kekuatan mata uang nasional, syikal, terhadap dolar Amerika Serikat, dan kenaikan harga bahan makanan dan biaya transportasi.

Paris dan Singapura berada di urutan kedua, diikuti Zurich dan Hong Kong.

Peringkat selanjutnya secara berturut-turut ditempati oleh New York, Jenewa, Kopenhagen, Los Angeles dan Osaka yang menduduki peringkat sepuluh.

Tahun lalu survei itu menempatkan Paris, Zurich, dan Hong Kong di posisi pertama.

Angka tahun ini dikumpulkan pada Agustus dan September karena harga makanan dan komoditas naik, menunjukkan bahwa rata-rata kenaikan sebesar 3,5 persen dalam mata uang lokal--tingkat inflasi tercepat dan yang tercatat selama lima tahun terakhir.

Pandemi COVID-19 sangat memberikan pengaruh. "Telah mengganggu pasokan barang, menyebabkan kelangkaan, dan kenaikan harga," ujar Upasana Dutt, kepala biaya hidup dunia di EIU.

"Kita dapat melihat dampaknya pada indeks tahun ini, dengan kenaikan (harga) bensin yang sangat mencolok," kata dia.

Sumber: VOA Indonesia

#tel aviv #Kota Termahal