Kamis, 02 Desember 2021 22:35

Pendaftar Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pemprov Sulsel Membeludak

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tingginya animo peminat antara lain dikarenakan sistem pendaftaran yang dilakukan sudah melalui sistem aplikasi berbasis web sehingga memudahkan pendaftar untuk melengkapi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Setelah dibuka secara resmi, sebanyak 165 orang telah melakukan registrasi seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel).

Dari sekian banyak yang telah mendaftar, terdapat peserta dari luar instansi Pemprov Sulsel menjadi calon peserta. Ada dari kementerian/lembaga serta pemerintah daerah, baik itu pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

"Ini tanda baik, ada trust kepada sistem yang dijalankan. Lelang saat ini sudah mencapai 165 peserta. Ada dari Jabar (Jawa Barat), DKI (Jakarta), kementerian/lembaga, dan lainnya," kata Ketua Panitia Seleksi Terbuka JPT Pratama Pemprov Sulsel, Murtir Jeddawi, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga : Warga Resah, Pemprov Sulsel Pastikan Stok Minyak Goreng Aman

Tingginya animo peminat antara lain dikarenakan sistem pendaftaran yang dilakukan sudah melalui sistem aplikasi berbasis web sehingga memudahkan pendaftar untuk melengkapi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan.

Untuk mengikuti seleksi, salah satu dokumen yang menjadi syarat bagi pendaftar adalah diharuskannya pendaftar untuk memiliki surat keterangan bebas dari sangkutan aset yang dikeluarkan oleh pejabat pimpinan tinggi pratama yang menangani aset di masing-masing daerah.

 

Selain dari itu, pendaftar juga harus memiliki integritas tinggi. Panitia seleksi juga mempersyaratkan bahwa calon peserta adalah mereka yang tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin ataupun tindak pidana dibuktikan oleh surat keterangan dari pejabat yang menangani pengawasan di masing-masing instansi, dalam hal ini Inspektorat.

Baca Juga : Pemprov Kirim Bantuan Korban Kebakaran di Bone dan Pangkep

Di lain kesempatan, Murtir Jeddawi menyampaikan bahwa seluruh tahapan akan dilaksanakan dengan asas transparansi dan terbuka serta profesional. Dengan begitu, diharapkan untuk calon peserta tidak lagi mencoba menggunakan cara-cara yang tidak benar sehingga berpengaruh terhadap penilaian terhadap calon peserta.

Sponsored by MGID

"Mekanisme akan diliat termasuk track record sebelumnya, personality, komunikasi pimpinan, loyalitas, integritas, kecakapan, tingkat kesuksesan dalam pekerjaan diberikan, pengalaman menangani proyek teknis dan lain-lainnya," sebut Murtir Jeddawi.

Ia juga berharap calon peserta tertib mengikuti seluruh tahapan seleksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan norma etika yang ada dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat mencederai nilai integritas peserta itu sendiri.

Baca Juga : Andi Sudirman Sulaiman Ingin Unhas Lebih Maju di Tangan Prof Jamaluddin Jompa

"Calon peserta agar percaya dengan kemampuan dan potensi diri masing-masing serta tidak menggunakan pihak-pihak tertentu untuk mencoba mempengaruhi independensi dan kredibilitas panitia seleksi. Jika melakukan upaya seperti titip peserta maka akan langsung didiskualifikasi," tambahnya.

Hal ini sejalan dengan apa yang selalu disampaikan, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman pada berbagai kesempatan, "Bahwa ASN harus mengedepankan integritas, profesional, dan amanah."

Tepat pada Jumat (3/12/2021) pukul 23.59 Wita, sistem aplikasi https://seleksijptp.sulselprov.go.id akan tertutup secara otomatis dan calon peserta sudah tidak lagi dapat melakukan perbaikan data dokumen.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel