Senin, 15 November 2021 18:51

Pemkot Palopo Luncurkan Aplikasi Simpada

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkot Palopo Luncurkan Aplikasi Simpada

Program ini akan dinyatakan berhasil jika ada wajib pajak yang membayar jam 3 dini hari.

PALOPO -- Wali Kota Palopo, M Judas Amir menghadiri launching aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pajak Daerah (Simpada) di ruang Ratona Kantor walikota, Senin (15/11/2021). Aplikasi tersebut lahir dari kolaborasi Pemkot Palopo dengan Bank Sulselbar.

Plt Kepala Bapenda Palopo, Muh Ibnu Hasyim mengatakan aplikasi ini sebagai langkah untuk mewujudkan sistem digitalisasi pembayaran yang akuntabel dan transparan. “Melalui aplikasi ini, masyarakat semakin dimudahkan. Bisa bayar pajak lewat aplikasi ini,” katanya.

Direktur Operasional dan TI PT Bank Sulselbar Irmayanti Sultan yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan digitalisasi erat kaitannya dengan sebuah ekosistem.

Baca Juga : Pekan Budaya Tana Luwu Dimulai Hari Ini

“Sejak tahun 2018 lalu, Banksulselbar telah mencanangkan fokus digitalisasi. Yang pertama adalah produk dan layanan. Kedua, bisnis proses untuk mendukung operasional bank. Ketiga, elektronifikasi pemda serta keempat ialah kolaborasi antar lembaga untuk mendukung poin tadi,” kata Irmayanti.

Di tahun 2019, pihaknya bersama KPK juga telah mengadakan alat rekam pajak online (M-Pos) yang bertujuan merekam penghasilan usaha dengan harapan PAD bisa meningkat. Irmayanti juga membeberkan keunggulan aplikasi Simpada, sebuah platform digital yang dilengkapi kemudahan terhubung dengan aplikasi lainnya.

 

“Ini akan membantu Pemkot Palopo dalam pengembangan apapun. Pembayaran, perizinan, maupun program bantuan lainnya. Simpada dapat digunakan seluruh masyarakat. Kita juga bekerjasama dengan tokopedia, link aja dan lainnya,” katanya lagi. “Kami berharap simpada ini bisa membawa manfaat untuk seluruh masyarakat dalam hal kemudahan membayar pajak. Apalagi ini bisa dimanfaatkan 24 jam,” tegasnya.

Baca Juga : Wali Kota Palopo Terima Penghargaan dari Menteri Agraria dan Tata Ruang

Sementara itu, Wali Kota Palopo HM Judas Amir menilai program ini akan dinyatakan berhasil jika ada wajib pajak yang membayar jam 3 dini hari.

Sponsored by MGID

“Artinya dia (wajib pajak) bangun kencing, lalu ingat pajak belum dibayar. Kemudian ambil HP dan bayar, ini yang saya katakan berhasil,” katanya disambut aplaus tamu undangan.

#pemkot palopo