Minggu, 28 November 2021 23:25

Ibu-Ibu PKK Barru Dilatih Bikin Minuman Tradisional, Tata Rias, dan Urus Jenazah

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ibu-Ibu PKK Barru Dilatih Bikin Minuman Tradisional, Tata Rias, dan Urus Jenazah

Seluruh pelatihan ini menghadirkan sejumlah 55 orang peserta yang mewakili 55 desa/kelurahan yang ada di Barru untuk setiap jenis pelatihan.

RAKYATKU.COM,BARRU - Dalam tiga hari berturut-turut Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru menggelar kegiatan peningkatan keterampilan bagi kader PKK.

Pelatihan dimaksud berupa pelatihan tata rias bagi ketua TP PKK desa/kelurahan se-Kabupaten Barru yang digelar di aula kantor Bappeda Kabupaten Barru pada hari pertama.

Hari kedua dilanjutkan dengan pelatihan pemulasaran jenazah bagi pengurus Pokja 1 TP PKK desa/kelurahan se-Kabupaten Barru.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Pada hari terakhir, secara paralel digelar pelatihan cipta menu B2SA dan pelatihan pembuatan ramuan tradisional yang masing-masing dilaksanakan di aula kantor DPMD PPKB PPPA dan Baruga Singkeru AdaE Rujab Bupati Barru.

Seluruh pelatihan ini menghadirkan sejumlah 55 orang peserta yang mewakili 55 desa/kelurahan yang ada di Barru untuk setiap jenis pelatihan. Sehingga total yang dilatih adalah 220 orang dan semuanya adalah kader perempuan.

Sekretaris PKK Barru, Ermy Eka Niswan menuturkan keempat pelatihan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus beserta kader PKK.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

"Kegiatan ini kita lakukan guna meningkatkan pengetahuan para kader PKK sehingga bisa dilihat semuanya bahwa pelatihan yang dilaksanakan menggunakan metode praktik langsung oleh peserta bukan hanya sebatas paparan materi dari narasumber saja,” ujar sekretaris TP-PKK Barru yang menjadi ketua panitia pada pelatihan pembuatan ramuan tradisional.

Sementara itu, Kepala Kantor DPMD PPKB PPPA Jamaluddin menuturkan bahwa salah satu tujuan diselenggarakannya pelatihan ini kepada peserta dapat keahlian baru dan bisa diterapkan pada kehidupan lingkungannya masing-masing.

“Saya harap semua materi yang didapat benar-benar dipraktikkan karena semua materinya sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya.

Baca Juga : KNPI Barru Audiensi dengan Bupati Bahas Persiapan Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus

Ia juga menambahkan bahwa menu B2SA merupakan makanan yang setiap hari kita buat dan konsumsi di tengah keluarga, tata rias ini juga dibutuhkan para wanita dan ibu ibu dalam beraktivitas keseharian.

Lalu, membuat ramuan tradisional berguna terutama untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan keluarga dengan menggunakan resep nenek moyang kita.

 

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru