Rabu, 24 November 2021 20:03

SMKN 1 Papalang Mamuju Resmi Jadi SMK Binaan Honda

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Asmo Sulsel resmikan SMK Negeri 1 Papalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, sebagai SMK teknik dan bisnis sepeda motor (TBSM) Astra Honda, Rabu (24/11/2021).
Asmo Sulsel resmikan SMK Negeri 1 Papalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, sebagai SMK teknik dan bisnis sepeda motor (TBSM) Astra Honda, Rabu (24/11/2021).

Untuk kerja sama ini, Astra Motor memberikan laboratorium bengkel sepeda motor Honda, special tools, modul pembelajaran, serta satu unit Honda Beat sebagai bentuk dukungan pada pendidikan SMK yang memiliki jurusan Teknik Sepeda Motor.

RAKYATKU.COM, MAMUJU - Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulselbartra dan Ambon senantiasa ingin ambil bagian dalam pengembangan sumber daya manusia khususnya di bidang Pendidikan teknis sepeda motor serta tenaga pengajar SMK.

Kali ini, Asmo Sulsel resmikan SMK Negeri 1 Papalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, sebagai SMK teknik dan bisnis sepeda motor (TBSM) Astra Honda, Rabu (24/11/2021).

Tidak hanya itu, pada kegiatan ini sekaligus diresmikan program teaching factory kelas industri dan dibarengi dengan peresmian laboratorium service sepeda motor Honda.

Baca Juga : Ada yang Baru dari Asmo Sulsel, Motor Sport Advanture New Honda CB150X Siap Mengaspal

Di SMKN 1 Papalang, acara ini turut dihadiri manajemen Astra Motor Sulsel, Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar, serta jajaran pejabat SMK.

Peresmian SMKN 1 Papalang menjadi SMK TBSM Honda ditandai dengan penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU). Untuk kerja sama ini, Astra Motor memberikan laboratorium bengkel sepeda motor Honda, special tools, modul pembelajaran, serta satu unit Honda Beat sebagai bentuk dukungan pada pendidikan SMK yang memiliki jurusan Teknik Sepeda Motor.

 

Kepala Wilayah Astra Motor Sulsel, Thamsir Sutrisno, mengatakan bantuan yang diberilan tidak hanya bersifat pemberian saja, tetapi secara berkelanjutan.

Baca Juga : PCX Stream Concert, Asmo Sulsel Gelar Konser di Atas Awan

Ke depan pihaknya akan terus mengontrol untuk meingkatkan mutu SMK binaan. Melalui kerja sama yang terjalin apik antara Honda dan SMK, pihaknya juga berkomitmen untuk mencetak SDM yang siap bersaing di dunia kerja.

Sponsored by MGID

"Kami rasa hal yang paling penting adalah memberikan dukungan pada sekolah yang berpotensi untuk terus berkembang, dukungan pada SMK seperti ini memang harus giat dilaksanakan demi kemajuan perekonomian masyarakat juga," kata dia.

Thamsir menambahkan, Saat ini SMK binaan Honda sudah tersebar di wilayah cakupan Astra Motor Sulsel sejumlah 21. Di Sulsel 12 SMK binaan, Sulbar 2 SMK, Sultra 6 SMK, serta di Ambon 1 SMK.

Baca Juga : Sambut Hari Ibu, Astra Motor Sulsel Edukasi Safety Riding Kaum Ibu-Ibu

“Harapan kami, di masa yang akan datang program SMK binaan ini akan terus berkembang dan terus mencetak SDM unggul di Indonesia, bersama Honda SMK bisa!" tuturnya.

Kepala SMKN 1 Papalang, Abdul Waris Yahya, menjelaskan kerja sama ini nantinya akan sangat berguna agar kurikulum yang diajarkan selaras dengan kebutuhan industri.

Tujuannya, kata dia, agar program yang berjalan bias link and match. Karena itu pihaknya melakukan terobosan baru dengan dibantu stakeholders terkhusus Honda melalui Asmo Sulsel.

Baca Juga : Modifikator Makassar Raih 5 Kategori di HMC 2021

"Banyaknya lulusan SMK yang nganggur karena program yang tidak link and match, hanya link saja. Kami sudah mencoba membahas kurikulum bersama industri, Honda akan menjamin kualitas sarana serta kurikulum siswa dan guru," bebernya.

Penulis : Lisa Emilda
#asmo sulsel #Astra Motor Sulsel