Jumat, 26 November 2021 22:59

Pemkab Barru Kerja Sama Kodim 1405/Mlts Beri Pemuda Latihan Bela Negara

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkab Barru Kerja Sama Kodim 1405/Mlts Beri Pemuda Latihan Bela Negara

Pengamalan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan katanya, diharapkan dapat memperkokoh jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme sebagai generasi penerus bangsa.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru yang diwakili Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga, Muhammad Anwar membuka pelatihan kader muda bela negara tahun 2021, di Makodim 1405 Parepare, Jumat (26/11/2021).

Dalam sambutannya, ia mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini dalam upaya meningkatkan kesadaran yang harus menjadi bagian dari upaya kita bersama dalam mewujudkan Kabupaten Barru yang aman, tenteram dan sejahtera guna menjaga dan membangun karakter anak bangsa, pemuda Kabupaten Barru khususnya dan Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI) pada umumnya.

Anwar mengatakan, dalam Undang Undang Dasar Tahun 1945 pada pasal 27 ayat 3 mengamanatkan bahwa setiap warga Negara berhak dan Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara menggambarkan semangat kita sebagai Bangsa Indonesia yang satu, demi kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga : Pemkab Barru-Unhas Bahas Pendirian Kampus Vokasi

Selain itu, dia juga mengatakan dalam kegiatan pelatihan Bela Negara ini diharapkan para pemuda dapat memahami 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, sebagai panduan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil dan makmur, sejahtera dan bermartabat

Pengamalan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan katanya, diharapkan dapat memperkokoh jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme sebagai generasi penerus bangsa, dan bisa menjadi motivator bagi pemuda-pemuda lainnya untuk mencintai tanah airnya.

 

"Bela Negara adalah sikap dan perilaku Warga Negara yang mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," jelasnya.

Baca Juga : Pemkab Barru Kembali Usulkan Kuota PPPK 100 Orang

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk perhatian dan pengawasan kepada generasi muda yang perlu dibina dan diawasi perkembangannya baik mental maupun spiritual agar tidak muda terpengaruh oleh informasi yang tidak jelas atau hoax yang akhir akhir ini menjadi antisipasi bagi kita semua.

Sponsored by MGID

"Indonesia saat ini masih menghadapi berbagai permasalahan kebangsaan, disamping masalah Covid-19, juga berbagai problem antara lain kemiskinan, pengangguran, lunturnya rasa nasionalisme, penyalahgunaan narkoba dan lain sebagainya," ucapnya.

Sebelumnya, ketua panitia Muh Asikin melaporkan kegiatan pelatihan kader muda bela negara dilaksanakan dengan kolaborasi Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barru dengan Kodim 1405/Mlts yang dilaksanakan selama 26-28 november 2021 dengan jumlah peserta dari Gabungan Organisasi Kepemudaan (OKP), mahasiswa dan pelajar yang ada di Kabupaten Barru sebanyak 40 orang.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru