Jumat, 26 November 2021 22:01

SMKN 1 Papalang Mamuju Resmi Menjadi SMK Binaan Honda

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
SMKN 1 Papalang Mamuju Resmi Menjadi SMK Binaan Honda

Saat ini SMK Binaan Honda sudah tersebar di wilayah cakupan Astra Motor Sulsel sejumlah 21. Di Sulsel 12 SMK binaan, Sulbar 2 SMK, Sultra 6 SMK, serta Ambon 1 SMK.

RAKYATKU.COM -- Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) senantiasa ingin ambil bagian dalam pengembangan sumber daya manusia. Khususnya di bidang pendidikan teknis sepeda motor serta tenaga pengajar SMK.

Asmo Sulsel selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulselbartra dan Ambon meresmikan SMK 1 Papalang sebagai SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda (TBSM) pada Rabu (24/November/2021).

Tidak hanya itu, pada kegiatan ini sekaligus diresmikan program Teaching Factory kelas industri dan dibarengi dengan peresmian laboratorium service sepeda motor Honda.

Baca Juga : Astra Motor Sulawesi Selatan Dukung Penyelenggaraan Piala Gubernur Sulsel Gokart Competition

Bertempat di SMK 1 Papalang, Mamuju, acara ini turut dihadiri manajemen Astra Motor Sulsel, kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar, serta jajaran pejabat SMK.

Peresmian SMKN 1 Papalang menjadi SMK TBSM Honda ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU), dalam rangka kerja sama ini Astra Motor memberikan Laboratorium Bengkel Sepeda Motor Honda, Special Tools, Modul Pembelajaran, serta 1 unit Honda Beat sebagai bentuk dukungan pada pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki jurusan Teknik Sepeda Motor.

Kepala wilayah Astra Motor Sulsel, Thamsir Sutrisno mengatakan bantuan yang kami beri tidak hanya bersifat pemberian saja, tetapi secara berkelanjutan. Ke depan kami akan terus kontrol, untuk meingkatkan mutu SMK yang kami bina. Melalui kerja sama yang terjalin apik antara Honda dan SMK, kami berkomitmen untuk mencetak SDM yang siap bersaing di dunia kerja.

Baca Juga : Promo THR Akhir Bulan, Astra Motor Sulawesi Selatan Beri Banyak Keuntungan untuk Pembelian Honda BEAT dan Scoopy

“Kami rasa hal yang paling penting adalah memberikan dukungan pada sekolah yang berpotensi untuk terus berkembang, dukungan pada SMK seperti ini memang harus giat dilaksanakan demi kemajuan perekonomian masyarakat juga," katanya.

Thamsir menambahkan bahwa saat ini SMK Binaan Honda sudah tersebar di wilayah cakupan Astra Motor Sulsel sejumlah 21. Di Sulsel 12 SMK binaan, Sulbar 2 SMK, Sultra 6 SMK, serta Ambon 1 SMK.

Baca Juga : Astra Motor Sulawesi Selatan Gelar Honda Premium Matic Day di Empat Lokasi

“Harapan kami, di masa yang akan datang program SMK binaan ini akan terus berkembang dan terus mencetak SDM unggul di Indonesia, bersama Honda SMK Bisa!” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, kepala sekolah SMKN 1 Papalang mengatakan Kepala Sekolah SMKN 1 Papalang Abdul Waris Yahya menjelaskan kerja sama ini nantinya akan sangat berguna agar kurikulum yang diajarkan selaras dengan kebutuhan industri, tujuannya agar program yang berjalan bias link and match. Karena itu kami melakukan terobosan baru dengan dibantu stakeholders terkhusus Honda melalui main dealer Astra Motor Sulawesi Selatan.

“Banyaknya lulusan SMK yang nganggur karena program yang tidak link and match, hanya link saja. Kami sudah mencoba membahas kurikulum bersama Industri, Honda akan menjamin kualitas sarana serta kurikulum siswa dan guru," katanya.

Baca Juga : Astra Motor Sulawesi Selatan Kampanyekan #Cari_Aman di Ramadhan Favorit Makassar

Tahun ini secara khusus kami buat program 70% anak-anak di industry dan 30% di kelas. Harapannya nanti selepas kerja sama dengan Honda, lulusan kami bisa langsung cepat beradaptasi dengan standardisasi bengkel resmi AHASS. Itu semua tidak akan berjalan tanpa adanya bantuan dari Honda serta dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar,” ungkap Abdul Waris.

Pada kegiatan peresmian SMKN 1 Papalang, turut hadir jajaran sepeda motor Honda, termasuk produk terbaru Honda yaitu All New Scoopy, skuitik fashionable yang cocok bagi generasi millenial. Ada juga promo service gratis untuk 100 unit motor Honda bagi pelajar serta masyarakat sekitar.

Penulis : Lisa Emilda
#asmo sulsel