Jumat, 26 November 2021 11:04

Plt Gubernur Usul ke Bupati Jalan Malino Bebas Truk Tiap Sabtu, Ini Respons Ketua DPRD Gowa

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua DPRD Gowa, Rafiudin.
Ketua DPRD Gowa, Rafiudin.

Beberapa waktu lalu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, telah memberikan masukan kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, untuk memberlakukan hari tanpa truk atau truck free day tiap hari sabtu di jalan Malino.

RAKYATKU.COM, GOWA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) terus berupaya memperkenalkan destinasi wisata di daerah ini. Langkah tersebut sebagai upaya untuk menarik wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memperbaiki akses agar para wisatawan nyaman dan aman saat menuju lokasi tempat wisata. Contohnya, untuk wisata yang ada di Kabupaten Gowa yang terdapat di dataran tinggi, Malino.

Beberapa waktu lalu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, telah memberikan masukan kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, untuk memberlakukan hari tanpa truk atau truck free day tiap hari sabtu di jalan Malino. Hal ini karena jalan Malino merupakan akses menuju lokasi sejumlah tempat wisata setempat.

Baca Juga : Ketua DPRD Gowa Imbau Masyarakat Patuhi PPKM Level 3 Libur Nataru

Usulan Plt Gubernur Sulsel ini pun mendapatkan dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gowa. "Kalau hari Minggu biasanya memang kurang mobil truk. Bisa dilakukan pengurangan jumlah truk," kata Rafiudin, Ketua DPRD Gowa, Kamis (25/11/2021).

Rafiudin mengatakan, jika nantinya usulan Plt Gubernur Sulsel betul-betul diterapkan di jalan Malino dalam bentuk peraturan daerah (perda), maka akan dilakukan pembahasan di dewan. Namun, jika ditetapkan melalui peraturan bupati (perbup), maka tidak akan dibahas di dewan.

 

"Kalau perda dibahas di DPRD tetapi kalau perbup tidak," lanjutnya.

Baca Juga : Ketua DPRD Harap APBD Gowa Tahun Mendatang Akan Lebih Baik

Sebelumnya, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyebut dengan penerapan hari tanpa truk atau truck free day tiap hari sabtu di jalan Malino, wisatawan tidak akan terganggu dengan mobilitas truk.

Sponsored by MGID

"Kita sudah bincang-bincang, mengkaji jalan ke Malino untuk bagaimana hari Sabtu itu bebas truk karena bagaimanapun kita membangun di Malino sistem pariwisata. Investasi masuk banyak sekali dan potensi terbaik adalah dekat dengan kota," kata Andi Sudirman, beberapa waktu lalu.

Dengan pemberlakuan truck free day tiap sabtu, Andi Sudirman menyebut animo wisatawan berkunjung ke Malino akan lebih tinggi. Selain itu, lalu lintas juga akan lebih aman.

Baca Juga : Optimalkan Potensi PAD Gowa, Bupati Serahkan 3 Ranperda ke DPRD

"Kalau aksesnya berat bagi pengunjung itu akan menjadi masalah karena pengunjung akan kerepotan. Mungkin dengan ada satu hari kita berikan kompensasi truck free day, itu akan animonya naik ke atas itu besar karena mereka tahu di sana itu akses bagus, cepat," lanjutnya.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Syukur
#dprd gowa