Jumat, 26 November 2021 08:03

Arab Saudi Resmi Larang Swafoto di Masjidilharam dan Masjid Nabawi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Daily Bangladesh)
Ilustrasi. (Foto: Daily Bangladesh)

Aturan ini untuk mengirim pesan kepada semua orang bahwa tempat-tempat suci di seluruh negeri harus dijaga kehormatan dan martabatnya.

RAKYATKU.COM - Pemerintah Arab Saudi resmi melarang jemaah melakukan swafoto atau selfie, baik foto atau video, di Masjidilharam, Makkah, dan Masjid Nabawi di Madinah.

Dikutip Thesaudiexpat.com, Jumat (26/11/2021), pemerintah Arab Saudi akan mempertimbangkan denda berat apabila seseorang tidak mengikuti aturan baru ini. Aparat keamanan nantinya akan memastikan bahwa tidak ada yang melanggar hukum ini.

Aturan ini untuk mengirim pesan kepada semua orang bahwa tempat-tempat suci di seluruh negeri harus dijaga kehormatan dan martabatnya. Langkah jemaah yang melakukan swafoto dianggap membuang waktu dan kehilangan esensi beribadah.

Baca Juga : Jeda Haji 2 Tahun Dimanfaatkan Arab Saudi Bangun Megaproyek, Begini Kondisi Makkah Sekarang

"Langkah ini diambil untuk menjamin kehormatan dan martabat tempat-tempat suci tersebut. Sebagian besar peziarah membuang waktu mereka untuk mengambil gambar dan video kemudian berdoa. Ini tidak hanya tidak menghormati tempat tetapi juga mengganggu doa orang lain," tulis media itu.

Keputusan serupa pernah diambil sebentar pada 2017 ketika seorang warga Israel memasuki Masjidilharam dan mengambil foto serta mengunggahnya di Facebook. Ini langsung menciptakan kekacauan karena dianggap tidak menghormati situs suci di sana. (*)

Sponsored by advertnative
 
#arab saudi #swafoto #Masjidilharam #Masjid Nabawi