Rabu, 24 November 2021 17:03

HGN, Guru SDIT Ar-Rahmah Luncurkan Buku Pengalaman Mengajar di Masa Pandemi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
HGN, Guru SDIT Ar-Rahmah Luncurkan Buku Pengalaman Mengajar di Masa Pandemi

Pengalaman mengajar selama pandemi Covid-19 itulah yang dituangkan guru-guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar-Rahmah ke dalam buku.

RAKYATKU.COM -- Sejak Covid-19 melanda, berbagai bidang terpaksa harus beradaptasi, termasuk pendidikan. Guru-guru yang biasanya mengajar di kelas secara tatap muka tak leluasa lagi datang ke sekolah.

Mulai Maret 2020, diberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Istilah daring, zoom meeting, google classroom mulai akrab dengan para guru. Guru dituntut dan ditantang mampu beradaptasi dengan keadaan, bagaimana mereka memanfaatkan teknologi komunikasi informasi.

Tapi kehadiran teknologi tidak otomatis menyelesaikan masalah. Ada problem yang berkaitan dengan jaringan dan ketersediaan kuota internet. Juga problem metode mengajar. Belum lagi menghadapi perilaku anak-anak yang perlu penyesuaian dengan budaya baru, yakni pembelajaran berbasis digital.

Baca Juga : Hari Guru Nasional 2023, IDP: Pendidikan Jadi Indikator Penyumbang Terbesar IPM Luwu Utara

Pengalaman mengajar selama pandemi Covid-19 itulah yang dituangkan guru-guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar-Rahmah ke dalam buku. Judulnya, "Percik, Parade Cerita Guru Saat Pandemi", terbit tahun 2021.

"Dalam rangka Hari Guru Nasional, kami akan melanching buku kumpulan tulisan para guru yang ditulis berdasarkan pengalaman," jelas Yusriadi Kadir, S.Sos.Si, kepala SDIT Ar-Rahmah, Selasa (23/11/2021).

Setiap 25 November, diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN) dan hari ulang tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Kemendikbud Ristek, tahun ini menetapkan tema peringatan HGN adalah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan".

Baca Juga : Rayakan Hari Guru Nasional, Pj Wali Kota Parepare Tekankan Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda

Launching dan bedah buku akan menghadirkan beberapa pembicara. Selain Jusria Kadir, bakal hadir pula Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tenri A Palallo, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (Kabid GTK) Dinas Pendidikan Kota Makassar, Dr Pantja Nurwahidin, M.Pd, dan Direktur SIT Ar-Rahmah, Hasan Hamido, S.Pd, M.Si. Kegiatan ini direncanakan akan dilakukan pada hari Sabtu (27/11/2021), melalui apkikasi zoom meeting.

Sejumlah 25 guru ikut menyumbang tulisan dalam buku "Percik" tersebut, termasuk Bunda Yus, begitu sapaan akrab kepala sekolah. Para penulis kebanyakan mengaku baru pertama ikut menulis buku. Tapi ada juga yang sudah merupakan buku keduanya.

Baca Juga : SDIT Ar Rahmah Rayakan Keberagaman Budaya untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Dari biodata singkat penulis, tampak beberapa guru menunjukkan minat pada kegiatan menulis dan bidang sastra. Misalnya dengan ikut pada Pelatihan Satu Guru Satu Buku (SAGUSABU). Bunda Yus sendiri, sudah terlibat dalam penulisan buku fiksi dan nonfiksi, serta menulis opini di koran terbitan Makassar.

Menurut Bunda Yus, "Percik" merupakan buku kedua karya bersama guru-guru SDIT Ar-Rahmah.

Sebelumnya, mereka pernah menerbitkan buku berjudul, "Dalam 2x5". Buku karya bersama itu diterbitkan dalam rangka milad ke-10 Ar-Rahmah. Buku tersebut berisi pengalaman guru menghadapi murid, dan pengalaman mereka membangun komunikasi dengan orang tua muridnya.

Baca Juga : SDIT Ar Rahmah Rayakan Keberagaman Budaya untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Sekolah yang terletak di kompleks Perumahan Dosen (Perumdos) Universitas Hasanudin, Tamalanrea ini, dalam waktu mendatang juga akan menerbitkan beberapa buku. Antara lain, buku yang ditulis oleh Jusria Kadir tentang konsepsi Sekolah Ramah Anak (SRA). SDIT Ar-Rahmah merupakan sekolah percontohan SRA di Sulawesi Selatan.

 

#SDIT Ar Rahmah #Hari Guru Nasional