Selasa, 23 November 2021 16:27

Plt Gubernur Sulsel Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Selasa (23/11/2021).
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Selasa (23/11/2021).

Pada 21 November 2020 lalu, saat Andi Sudirman Sudirman masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan ia telah meninjau langsung progres pembangunan bendungan ini.

RAKYATKU.COM, GOWA - Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Selasa (23/11/2021).

Peresmian ini ditandai dengan memutar tuas roda pintu air oleh Jokowi, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti.

Mendampingi Jokowi melakukan peresmian bukan kunjungan pertama bagi Andi Sudirman ke bendungan tersebut. Sebelum diresmikan, ia sempat melihat langsung progres pembangunan bendungan.

Baca Juga : Pengusaha Malaysia Investasi Rp1 Triliun di Sulsel

Pada 21 November 2020 lalu, saat Andi Sudirman masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulsel ia telah meninjau langsung progres pembangunan bendungan.

"Alhamdulillah, Bapak Presiden Jokowi telah meresmikan bendungan Karalloe. Diharapkan hadirnya bendungan ini mampu meningkatkan hasil pertanian yang akan berdampak pada kesejahteraan petani. Ini juga mendukung Sulawesi Selatan sebagai lumbung pangan Nasional," kata Andi Sudirman.

Sementara itu, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa hadirnya bendungan ini akan mendukung dalam meningkatkan hasil pertanian. Tak hanya untuk kepentingan pertanian bendungan ini juga diharapkan dapat mencegah terjadinya banjir di Kabupaten Jeneponto.

Baca Juga : Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

"Alhamdulillah, bendungan Karalloe yang dibangun menghabiskan anggaran Rp1,27 triliun hari ini alhamdulillah telah selesai dan siap untuk kita resmikan. Bendungan yang nantinya akan mengairi 7 ribu hektare lahan pertanian yang ada di Kabupaten Jeneponto dan ini bendungannya ada di Kabupaten Gowa, tapi yang mendapatkan manfaat adalah para petani di Kabupaten Jeneponto," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya sebelum peresmian.

Menurutnya, 7 ribu hektare sebuah luasan yang sangat besar sekali. Diharapkan hadirnya bendungan ini bisa meningkatkan produksi petani. "Nanti insyaallah bisa dua kali panen padi dan sekali palawija sehingga bisa meningkatkan pendapatan, income, kesejahteraan bagi para petani," ungkapnya.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim hari ini saya resmikan Bendungan Karraloe di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan," kata Jokowi menutup sambutannya.

Baca Juga : Terobosan Penjabat Gubernur Tekan Biaya Distribusi Barang di Sulsel

Bendungan Karalloe terletak di dua desa, yakni Desa Garing, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, dan Desa Taring, Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa, yang berlokasi 137 km arah tenggara Kota Makassar.

Hadirnya bendungan ini, memiliki manfaat di antaranya mengairi daerah irigasi seluas 7 ribu hektar, penyediaan air baku untuk 10 kecamatan di Kabupaten Jeneponto (420 liter/detik) dan 1 kecamatan di Kabupaten Gowa (20 liter/detik), konservasi sumber daya air, reduksi banjir 49,12 persen, pembangkit listrik tenaga air 4,5 MW, dan pengembangan pariwisata.

Pembangunan ini dilakukan sejak 2013 melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR. Bendungan ini memiliki tipe Concrete Face Rockfill Dam (CFRD) yang memiliki tinggi 85 meter, dengan panjang puncak Bendungan 396 meter dan lebar 10 meter.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Lantik Pejabat Administrasi dan Pengawas Lingkup Pemprov Sulsel

Dengan tampungan total 40,50 juta meter kubik, luas genangan 145 hektare dan panjang terowongan 583 meter. Pada bendungan ini dilengkapi landasan untuk helikopter (helipad), tugu pinisi, musala, wisma, mes, hingga aula. (*)

Penulis : Syukur
#Plt Gubernur Sulsel #Pemprov Sulsel #Jokowi ke Jeneponto #Kunjungan Jokowi ke Gowa