Sabtu, 20 November 2021 23:04

Wabup Luwu Utara Pesta Panen Bareng Warga Desa Sassa

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wabup Luwu Utara Pesta Panen Bareng Warga Desa Sassa

Hingga Oktober tahun ini, gabah kering yang dihasilkan di Luwu utara mencapai 281.000 ton.

LUWU UTARA -- Beragam permainan tradisonal dimainkan oleh masyarakat Desa Sassa, Kecamatan Baebunta dalam pesta panen, pada Sabtu (20/11/2021).

Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur yang hadir pada pesta panen kali ini terlihat turut memainkan salah satu permainan tradisional yaitu Ma Gasing.

"Permainan gasing, adalah permainan tradisional yang butuh skill talenta dan power, sayang sekali kalau tidak dilestarikan," ucap Suaib.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Ia menambahkan melalui acara pesta panen to limola, ia mengajak anak-anak muda Luwu Utara untuk mengenal dan memainkan kembali permainan gasing yang dulu sering hadir ketika masyarakat menggelar pesta panen.

Mantan Kadis PUPR ini juga mengajak masyarakat untuk tidak hentinya mengucap syukur atas hasil panen yang telah didapatkan.

"Mari terus mengucap syukur. Di tengah pandemi, hasil panen kita tetap melimpah di Kabupaten Luwu Utara, salah satunya di Desa Sassa Kecamatan Baebunta," terangnya.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

"Tercacat bahwa luas hamparan sawah di desa ini mencapai 85 hektar,Tentu jika produksi padi khususnya di Desa Sassa tersedia dapat dipastikan hal itu sanggup memenuhi kebutuhan masyarakat setempat," tandasnya.

Wabup Suaib menambahkan bahwa dari data yang ada sampai dengan Oktober tahun ini, gabah kering yang dihasilkan di Luwu utara mencapai 281.000 ton. Jika dikonversi ke padi, kurang lebih sekira 165.116 ribu ton, sementara konsumsi rata-rata untuk Luwu Utara 118 kg per kapita per tahun. "Artinya hasil panen masyarakat kita surplus kurang lebih 84 Ribu ton," paparnya.

Dengan kondisi tersebut, dapat diyakini kebutuhan beras di Kabupaten Luwu Utara tetap aman dan terkendali.

Baca Juga : Disdikbud Luwu Utara Santuni Ratusan Yatim Piatu

Sementara itu Kepala Desa Sassa, Sukur menyebut pesta panen ini merupakan antusias masyarakat pasca panen. Dan sebagai pemerintah desa, pihaknya mendukung sepenuhnya kegiatan ini.

"Terima kasih telah meluangkan waktu untuk hadir di tempat ini, dari keberhasilan ini kami bersyukur, karena selain berlimpah ruah hasil kerja keras warga turut mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Luwu Utara," singkatnya.

Sebagai rangkaian pesta panen, masyarakat Desa Sassa menggelar pertandingan. Adapun yang diperlombakan yakni Ma Gasing, Ma Longga, Baladu' dan Baraccung.

#pemkab luwu utara