Sabtu, 31 Juli 2021 16:01

BEM Kabamafar UMI Makassar Lolos PHP2D Belmawa Ditjen Dikti

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
BEM Kabamafar UMI Makassar Lolos PHP2D Belmawa Ditjen Dikti

Diharapkan dapat terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. Dalam PHP2D mahasiswa juga bisa mengembangkan soft skills dan menerapkan kebijakan Merdeka Belajar.

RAKYATKU.COM - BEM Kabamafar Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar berhasil lolos Pendanaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2021 Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud.

Ada 15 orang tim PHP2D BEM Kabamafar UMI ikut serta dalam kegiatan ini. Mereka adalah Abu Dzar Al-Ghifari, Chykita Putri Hijriah, Nur Fadilla, Andi Alifka Kadir, Andini Zabrina, Armiany Azzahra, Sainal Abidin, Indah Pratiwi, Suci Ramadani, Nurhalisa Daeng Rannu, Andi Rismayanti, Tamar Samawati, Zahrah Rizqan Putri, Dian Anugrah Hasbullah, dan Andi Tenri Bunga Lambogo, dengan dosen pendamping Herwin.

Ketua BEM Kabamafar UMI periode 2020/2021, Raynaldi Putra Armafansa, mengatakan PHP2D merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan mahasiswa melalui organisasi mahasiswa, baik unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan atau lembaga eksekutif mahasiswa untuk menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi dalam masyarakat desa.

Baca Juga : PkM Dosen Farmasi UMI: Produksi Kerupuk Bawang Sehat Bergizi Berbahan Tepung Ampas Tahu

Diharapkan dapat terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. Dalam PHP2D mahasiswa juga bisa mengembangkan soft skills dan menerapkan kebijakan Merdeka Belajar.

Desa Tamangapa merupakan salah satu desa binaan UMI yang terletak di Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai petani dan nelayan sehingga mayoritas tidak memiliki penghasilan tetap. Pendapatan yang rendah menjadi penyebab gizi buruk sehingga keluarga tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi yang baik.

Tingkat pendidikan masyakarat yang cukup rendah juga berpengaruh terhadap pengetahuan masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi khususnya pada anak-anak umur 5 tahun.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi dan menghilangkan kasus stunting di Desa Tamangapa. Tercatat terjadi 51 kasus stunting di desa ini. BEM Kabamafar UMI dan Kelompok Karang Taruna bekerja sama dalam menyelesaikan masalah ini.

Baca Juga : Dosen Fakultas Farmasi UMI Buat Inovasi Kit Skoring

Tim PHP2D BEM Kabamafar UMI akan mengedukasi cara pembuatan suplemen makan dengan memanfaatkan daun kelor.

#UMI Makassar #Fakultas Farmasi UMI