Jumat, 19 November 2021 10:04

Diserahkan Langsung Wapres, Plt Gubernur Sulsel Terima Penghargaan Paramakarya 2021

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penyerahan penghargaan berlangsung di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Kamis (18/11/2021).
Penyerahan penghargaan berlangsung di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Kamis (18/11/2021).

"Alhamdulillah, penghargaan ini penyemangat untuk mendorong peningkatan produktivitas. Tentu tekad para pelaku usaha untuk tetap produktif di masa pandemi, kami melihat itu sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan perekonomian," kata Andi Sudirman Sulaiman.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menerima penghargaan pada penganugerahan produktivitas Paramakarya 2021. Penghargaan tersebut diterima langsung dari Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Kamis (18/11/2021).

Penghargaan yang diraih Andi Sudirman, berkat dukungan dan pembinaan kepada perusahaan yang telah berhasil mendapatkan penganugerahan produktivitas Paramakarya 2021.

Paramakarya merupakan bentuk kepedulian pemerintah yang diberikan kepada perusahaan yang berhasil meningkatkan dan mempertahankan tingkat produktivitasnya selama tiga tahun berturut-turut (2018, 2019, dan 2020).

Baca Juga : PKK Sulsel Gelar Ramadan Festive 2024

Dalam penganugerahan produktivitas Paramakarya ini diraih oleh 34 perusahaan yang terbagi kepada 22 perusahaan kecil dan 12 perusahaan menengah dari 24 provinsi hasil binaan Kementerian Ketenagakerjaan.

Perusahaan itu telah menerapkan prinsip produktivitas dan kualitas secara tepat dan benar. Dari 34 perusahaan penerima Paramakarya 2021, salah satunya dari Sulsel, yakni Katokkon Kristar.

"Alhamdulillah, penghargaan ini penyemangat untuk mendorong peningkatan produktivitas. Tentu tekad para pelaku usaha untuk tetap produktif di masa pandemi, kami melihat itu sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan perekonomian," katanya.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

Menurutnya, dengan produktivitas merupakan salah satu pengungkit daya saing motor penggerak pembangunan berkelanjutan yang pada akhirnya meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ma'ruf Amin menyampaikan selamat kepada perusahaan-perusahaan maupun para gubernur atas perolehan penghargaan tersebut di tahun ini.

"Saya yakin produktivitas yang diukur hanya akan berdasarkan subyektivitas belaka. Ingatlah, saat kita menilai hanya berdasarkan subyektivitas, hasilnya pasti akan dipertanyakan banyak pihak, " katanya.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

Ma'ruf Amin pun memberikan penghargaan kepada Kemenaker yang telah memprakarsai pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah (provinsi dan kota/kabupaten), tempat banyak perusahaan penerima Paramakarya 2021 berlokasi.

"Pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah adalah bukti bahwa Kemnaker menyadari peran penting pemerintah sebagai regulator dan fasilitator dalam meningkatkan unsur produktivitas," ujarnya.

Wapres mengatakan, melalui pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah, Kemenaker ingin meyakinkan semua pihak bahwa peningkatan produktivitas berjalan seiring atau simultan dengan peningkatan dan pertumbuhan ekonomi. Termasuk di dalamnya penurunan angka pengangguran serta peningkatan Kualitas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Baca Juga : 10.000 Orang Hadiri Buka Puasa Akbar Pemprov Sulsel di Bone

Dalam kesempatan tersebut, Menaker Ida Fauziyah mengungkapkan, penganugerahan Paramakarya 2021 ini adalah penganugerahan penghargaan produktivitas yang ke-11 kalinya.

Ida Fauziyah menegaskan penilaian performa dan kinerja perusahaan yang menggunakan Malcolm Baldrige Criteria, seperti kepemimpinan; perencanaan strategis; fokus pada sumber daya manusia; fokus pada pelanggan; data, informasi dan analisis; manajemen proses; dan hasil usaha ditambah satu kriteria baru yakni produktivitas merupakan elemen penting yang perlu diukur.

Ida Fauziyah menambahkan, sebagai penghargaan atas dukungan dan pembinaan kepada perusahaan yang telah berhasil mendapatkan penganugerahan produktivitas Paramakarya tahun 2021, maka Kemnaker juga memberikan penghargaan kepada 23 gubernur yang perusahaan di wilayahnya mendapatkan penghargaan Paramakarya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Dukung Gerakan Sedekah Pohon

Dalam momentum penerimaan penghargaan tersebut, Andi Sudirman memperkenalkan budaya Toraja dengan mengenakan pakaian batik sarita khas Toraja.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel #Plt Gubernur Sulsel #Paramakarya 2021