Selasa, 16 November 2021 17:03

Plt Gubernur Sulsel Bakal Terima Penghargaan Pembina KKS Provinsi Terbaik Pertama di Indonesia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Penghargaan Swasti Saba ini sebagai apresiasi kepada kabupaten/kota yang berhasil membebaskan sedikitnya 60 persen desa/kelurahan dari perilaku buang air besar sembarangan (BABS) atau telah dinyatakan open defecation free (ODF).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Setelah melalui verifikasi lapangan oleh tim Kabupaten Kota Sehat (KKS) pusat 2021, 14 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) lolos sebagai Kabupaten/Kota Sehat 2021.

Sulsel mendominasi penerima terbanyak dari 36 provinsi se-Indonesia yang akan menerima penghargaan Anugerah Swasti Saba dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui program KKS 2021.

Untuk diketahui, penghargaan Swasti Saba ini sebagai apresiasi kepada kabupaten/kota yang berhasil membebaskan sedikitnya 60 persen desa/kelurahan dari perilaku buang air besar sembarangan (BABS) atau telah dinyatakan open defecation free (ODF).

Baca Juga : Penjabat Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Nurul Ilmi Himal SMPPSMADAGA Bone

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, akan menerima penghargaan sebagai pembina KKS provinsi terbaik pertama di Indonesia. Adapun 14 kabupaten/kota yang lolos KKS 2021, yakni Kabupaten Pinrang, Soppeng, Bantaeng, Barru, Wajo, Luwu, Gowa, Takalar, Sinjai, Jeneponto, Enrekang, Luwu Timur, Kota Parepare, dan Palopo.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Husni Thamrin, mengatakan program KKS bertujuan agar tercapai kondisi kabupaten/kota bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk masyarakat dengan berbagai program-program kesehatan dan lainnya. Selain itu, KKS merupakan apresiasi dari pemerintah pusat.

Menurutnya, capaian ini tidak terlepas dari arahan dan pembinaan langsung Plt Gubernur Sulsel untuk menjaga daerah tetap bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk masyarakat.

Baca Juga : Dewan Adat Saoraja Bone Anugerahi Penjabat Gubernur Bahtiar Gelar Adat Daeng Mappuji

"Penghargaan KKS adalah apresiasi pemerintah pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan," kata Husni, Selasa (16/11/2021).

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel #Plt Gubernur Sulsel