Rabu, 10 November 2021 10:10

Momentum HUT Ke-414 Makassar, Danny Pomanto Resmikan Percontohan Lorong Wisata

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Momentum HUT Ke-414 Makassar, Danny Pomanto Resmikan Percontohan Lorong Wisata

"Setelah serial lorong sebelumnya, yakni lorong garden dan badan usaha lorong, ini ada lorong wisata. Kita akan buat sebanyak 1.000 wisata dan co'mo akan bertugas mengelilingi setiap lorong dan mengakomodir 15 kecamatan secara gratis," ungkap Danny Pomanto.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hari ulang tahun (HUT) ke-414 Kota Makassar diisi dengan beragam kegiatan yang menarik. Salah satunya peresmian lorong wisata.

Selasa (9/11/2), Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) bersama Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, dan seluruh Forkopimda Kota Makassar berkumpul di Lorong Bambapuang menyeruput segelas kopi dengan kue khas makassar, yakni taripang.

"Kita mulai dari hal-hal yang sederhana mulai dari perkuat UMKM, hari ini kita mulai dari komoditi kopi dan taripang," kata Danny.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Menurut Danny, dari survei terbaru yang didapatkan ada satu juta orang minum teh dan kopi di Makassar. Jika didampingi dengan komoditas kue yang cocok dengan minuman kopi, diperkirakan ada Rp2 miliar uang berputar dan setahun bisa Rp750 miliar.

"Ini baru satu komoditi. Kalau kita kawal dengan baik, maka perekonomian bisa tumbuh dari lorong," ucap Danny. Kata Danny, selain taripang ia akan mengeksplor komoditas kue lainnya seperti baruasa.

Sementara, untuk lorong wisata, kata Danny, merupakan konsep serial terakhir pada lorong.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

"Setelah serial lorong sebelumnya, yakni lorong garden dan badan usaha lorong, ini ada lorong wisata. Kita akan buat sebanyak 1.000 wisata dan co'mo akan bertugas mengelilingi setiap lorong dan mengakomodir 15 kecamatan secara gratis," ungkap Danny.

Danny berharap program ini dapat berjalan lancar dan mendapat dukungan dari masyarakat. Hal ini agar UMKM di lorong bisa bangkit dan memulihkan ekonomi di Makassar sesuai dengan program yang terangkum dalam Makassar Recover.

Danny kali ini juga meraih penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia atas prestasi penyelenggaraan rekor minum kopi dan makan taripang di 1.000 lorong wisata melibatkan 50 orang di tiap lorong.

Penulis : Usman Pala
#pemkot makassar