Minggu, 07 November 2021 23:59

Kantor Imigrasi Makassar Buka Pelayanan Paspor di Hari Libur

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kantor Imigrasi Makassar Buka Pelayanan Paspor di Hari Libur

Masyarakat yang sibuk di hari kerja dapat melakukan perekaman paspor di hari libur.

RAKYATKU.COM - Imigrasi Makassar membuka pelayanan paspor pada hari libur di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar Jalan Perintis Kemerdekaan.

Masyarakat yang sibuk di hari kerja dapat melakukan perekaman paspor di hari libur. Pemohon paspor di hari libur atau yang biasa disebut program Kaisar Mandala, Kantor Imigrasi Makassar Melayani di Hari Libur Anda.

Kepala Kanim Makassar, Agus Winarto menyebut, Kaisar Mandala ini adalah Inovasi Layanan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kanim Makassar.

Baca Juga : Petugas Kantor Imigrasi Makassar Berhasil Gagalkan 2 WNI Korban Dugaan TPPO Luar Negeri

Pelaksanaannya sudah dilakukan sebanyak 11 kali atau dilaksanakan sekali dalam sebulan. Melalui program ini, Kanim Makassar juga sudah terbitkan sebanyak 116 paspor.

"Pasca dibukanya umrah dan rencana akan dibuka juga pelaksanaan haji bagi Indonesia, pemohon paspor di Kanim Makassar meningkat signifikan. Pada hari libur Sabtu kemarin, sebanyak 22 pemohon paspor dilayani yang terdiri atas 18 paspor biasa dan empat paspor elektronik," kata Ka Kanim, Agus, Minggu (7/11/2021).

Selain Kaisar Mandala, Ka Kanim Agus mengatakan pihaknya juga telah melaksanakan eazy passport atau layanan paspor secara jemput bola. Selama 2021, telah dilaksanakan sebanyak 11 kali eazy passport dan diterbitkan sebanyak 670 paspor.

Baca Juga : Temui Bupati Bone, Kantor Imigrasi Makassar Paparkan Layanan Eazy Passport untuk CJH

"Pelaksanaan eazy passport ini telah dilakukan di PT Garuda Indonesia, Kemenag Jeneponto, BPK Sulsel, Kemenag Bone, Kantor OJK, PT Passokorang, PIP Salodong, Fakultas Hukum Unhas, Kampus AMI AIPI Makassar, Kampus Duta Samudera Indonesia, dan Klinik Lacasino Makassar. Rencananya, di bulan November ini juga akan dilaksanakan di kampus UNM Makassar," tambah Agus.

Kanim Makassar selama tahun 2021 periode Januari hingga Oktober telah diterbitkan sebanyak 5.687 paspor. Selain Kaisar Mandala dan eazy passport, di Kanim Makassar ada juga layanan pengambilan paspor secara drive thru dan pengambilan paspor online yaitu Lagosi (Layanan Gojek Imigrasi).

Salah satu pemohon paspor, Bakhtiar menyebut program ini sangat membantu ia dan keluarganya karena dapat melakukan permohonan paspor di hari libur.

Baca Juga : Hari Pencoblosan, Orang Asing Jadi Perhatian Imigrasi Makassar

"Saya senang sekali karena dilayani walaupun di hari libur. Ketika di hari kerja, saya tidak berkesempatan ke Makassar untuk buat Paspor karena butuh waktu 3 sampai 4 jam,” katanya.

Atas langkah tersebut Kanim Makassar tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto memberi apresiasi yang positif.

"Ini akan meningkatkan layanan paspor Kanim Makassar karena dibuka pada saat hari libur sehingga yang sibuk pada hari kerja dapat melakukan perekaman paspor di hari libur," katanya.

Penulis : Syukur
#Kantor Imigrasi Makassar