Kamis, 04 November 2021 14:03

Fakta-Fakta Waktu Kelahiran, Cek dengan Kalkulator Kehamilan SehatQ

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Hari perkiraan lahir (HPL) tidak melulu berbicara mengenai ketepatan karena hal tersebut hanya merupakan perkiraan. Karena alasan ini pula, sudah banyak fakta yang terjadi mengenai HPL di seluruh dunia.

RAKYATKU.COM - Anda termasuk orang yang suka melakukan cek hari perkiraan lahir (HPL) secara berulang tidak? Menghitung HPL memang baiknya dilakukan beberapa kali dalam masa kehamilan.

Anda bisa menggunakan kalkulator kehamilan yang dapat diakses lewat platform SehatQ ataupun pergi ke dokter untuk menjalani tes USG yang dinilai lebih akurat dalam menentukan usia kandungan.

Berbicara mengenai hari perkiraan lagir (HPL), ada beberapa fakta terkait kondisi tersebut yang mesti Anda pahami. Di mana HPL tidak melulu berbicara mengenai ketepatan karena hal tersebut hanya merupakan perkiraan. Karena alasan ini pula, sudah banyak fakta yang terjadi mengenai HPL di seluruh dunia.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik terkait waktu kelahiran maupun perkiraannya. Apakah Anda sudah mengetahui sebelumnya atau justru terkejut dengan berbagai kenyataan di bawah ini?

Due Date yang Wajar
Istilah waktu perkiraan lahir dalam dunia medis kerap disebut sebagai due date. Namun, waktu perkiraan tersebut tidak dibuat saklek. Secara umum, seseorang dikatakan memiliki waktu kelahiran yang wajar jika usia kandungan sudah berada di kisaran 38—42 minggu. Sekarang cek dengan kalkulator kehamilan SehatQ, sudah berapa usia kandungan Anda dan berapa lama lagi menuju hari perkiraan lahir (HPL)?

 

Lebih Banyak Meleset
Anda tetap harus waspada apabila usia kandungan sudah berada di atas 34 minggu. Kemungkinan persalinan datang lebih cepat bisa saja terjadi. Kenyataannya, hampir 50 persen bayi lahir kurang atau melebihi dari kisaran HPL yang Anda dapatkan lewat kalkulator kehamilan ataupun dengan pemindaian menggunakan USG.

Tepat Waktu Sangat Minim
Waktu lahir bayi yang paling ideal adalah 38 minggu. Pada waktu ini, seluruh organ, saraf, dan fungsi tubuh bayi sudah sempurna. Paru-paru yang menjadi organ vital paling terakhir berkembang pun sudah dalam fungsi yang baik pada kisaran waktu 38 minggu tersebut. Namun tahu tidak, orang-orang yang melahirkan bayi tepat pada kisaran waktu usia kandungan 38 minggu hanya 4 persen dari seluruh kelahiran di dunia!

Sponsored by MGID

Siklus Menstruasi Sangat Berpengaruh
Anda mungkin terheran-heran mengapa HPL yang sudah dicek memakai kalkulator kehamilan maupun dengan pemindaian USG menjadi tidak tepat dan bayi terlahir tidak sesuai HPL. Bagaimanapun, ini sangat berhubungan dengan siklus menstruasi Anda sebagai ibu. Orang-orang dengan siklus menstruasi yang tidak teratur akan cenderung lebih gampang mengalami HPL yang meleset jauh.

Bayi Risiko Tinggi jika Lewati Due Date
Selain kelahiran yang lebih cepat daripada HPL, Anda juga mesti mewaspadai kelahiran yang melewati due date. Artinya ketika angka usia kandungan dari hasil pengecekan menggunakan kalkulator kehamilan sudah di atas 42 minggu, segeralah konsultasikan kepada dokter mengenai kelahiran sang buah hati tersebut.

Jangan menunggu anak lahir alami jika memang due date telah terlewati. Soalnya, bayi-bayi yang lahir melewati due date umumnya berisiko tinggi mengalami risiko kesehatan. Beberapa contoh masalah kesehatan pada bayi yang lahir di atas usia kandungan 42 minggu, antara lain, lahir besar yang meningkatkan risiko patah tulang saat proses persalinan, sindrom postmaturitas, sampai detak jantung tidak normal,

HPL untuk Pemindaian Akurat
Jangan meremehkan HPL yang Anda perole dari penghitungan memakai kalkulator kehamilan. Hasil yang Anda peroleh akan menjadi dasar bagi para dokter untuk merencanakan berbagai tes sensitif terkait kehamilan Anda. Beberapa tes yang sangat berkaitan dengan usia kandungan, antara pemindaian anomaly janin pada usia kandungan 12 minggu, pemindaian morfologi pada kisaran usia kandungan 18—20 minggu, serta tes diabetes gestasional pada usia kandungan di atas 30 minggu.

Yuk, mulai cek secara lebih hati-hati usia kandungan Anda menggunakan kalkulator kehamilan yang ada di SehatQ. Namun selain itu, konsultasi rutin untuk pemindaian dengan USG sebagai pembanding hasilnya tetap diperlukan, ya.

Sponsored by advertnative
 
#kehamilan #Hari Perkiraan Lahir