Kamis, 28 Oktober 2021 18:02

Bisnis Kalla Group Justru Tumbuh Pesat Selama Pandemi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kegiatan ini digelar di SAO Eating Point Mall Ratu Indah (MaRI), Kamis (28/10/2021). Pemaparan kali ini dilakukan oleh holding Kalla Group melalui Corporate Secretary Kalla Group dan Kalla Transport & Logistics.
Kegiatan ini digelar di SAO Eating Point Mall Ratu Indah (MaRI), Kamis (28/10/2021). Pemaparan kali ini dilakukan oleh holding Kalla Group melalui Corporate Secretary Kalla Group dan Kalla Transport & Logistics.

Perkembangan Kalla Group yang telah menjalani tahun ini yang jauh lebih baik dari 2020 lalu. Bahkan sudah melebihi pada 2019 saat kondisi masih normal atau sebelum pandemi COVID-19.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kalla Group kembali menggelar monthly press conference untuk memaparkan pencapaian serta berbagai program secara korporasi maupun unit bisnisnya.

Kegiatan ini digelar di SAO Eating Point Mall Ratu Indah (MaRI), Kamis (28/10/2021). Pemaparan kali ini dilakukan oleh holding Kalla Group melalui Corporate Secretary Kalla Group dan Kalla Transport & Logistics.

Subhan Djaya Mappaturung selaku Chief Legal Officer & Corporate Secretary Kalla Group mengawali pertemuan ini dengan membahas terkait perkembangan Kalla Group yang telah menjalani tahun ini yang jauh lebih baik dari 2020 lalu. Bahkan sudah melebihi pada 2019 saat kondisi masih normal atau sebelum pandemi COVID-19.

Baca Juga : Andien Meriahkan Puncak Acara HUT 71 Tahun KALLA dalam Acara Family Gathering di Nipah Park

Ia juga mengungkapkan, Kalla Group yang telah berusia 69 tahun terus konsisten menjalankan berbagai tahapan yang terukur untuk mencapai target jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Seperti yang telah ditetapkan Kalla Group bahwa di usia 100 tahun pada 2052, perusahaan ini bisa masuk ke dalam 1.000 Fortune Asia Pasific Company.

"Kita menjaga melalui apa? Bagaimana kita menjaga pasar yang kita sudah miliki sekarang ini. Kita melakukan pengembangan market share terhadap bisnis-bisnis yang sudah existing. Kemudian, kita mencari peluang-peluang bisnis baru, baik yang berhubungan dengan bisnis yang sudah kita miliki sekarang maupun di sektor lain,” ungkapnya.

Baca Juga : Sukses Gelar Kalla Talks, Ini Pengakuan Peserta

Untuk menjaga agar Kalla Group senantiasa tumbuh secara berkelanjutan, dalam lima tahun ke depan berencana makin memperluas pasarnya secara nasional serta menggarap market baru di Pulau Kalimantan, Papua, dan Jawa.

Oleh karena itu, Kalla Group senantiasa memperkuat proses bisnis di seluruh anak perusahaannya serta melakukan sinergi dengan berbagai perusahaan nasional lainnya hingga perusahaan berskala multinasional.

“Kita melakukan kolaborasi dengan beberapa bisnis lainnya, seperti yang telah dilakukan Kalla Logistics menjalin strategic partner dalam pengembangan bisnis cold chain. Untuk menghadapi persaingan, khususnya disrupsi, kolaborasi memang tak dapat kita hindari," terangnya.

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi Tenaga Surveyor, Bumi Karsa Laksanakan Pelatihan Real Time Kinematic

Sementara itu, Chief Operation Officer (COO) Kalla Transport & Logistics, Andi Muhammad Gunawan, mengungkapkan sebagai kelengkapan dari layanan logistic terpadu, Kalla Logistics memiliki warehouse yang tersebar di beberapa wilayah, salah satunya di Daya, Kota Makassar yang saat ini dijadikan cold storage ice cream Walls. Selain penyediaan cold storage, Kalla Logistics juga menjadi distributor resmi Walls untuk wilayah Sulawesi Selatan.

"Kalla Logistics saat ini memang sedang mengembangkan bisnis cold chain yang salah satu realisasinya dengan bekerjasama dengan Walls. Ke depan, tidak menutup kemungkinan bahwa Kalla Logistics akan menjalin kerja sama dengan bisnis lainnya untuk layanan cold chain. Apalagi industri cold chain ini telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir," ungkap Gunawan.

Dalam pemanfaatan layanan warehouse, Kalla Logistics juga bekerja sama dengan Logistik Digital (LODI) Indonesia untuk mendistribusikan peralatan rumah tangga. Keunggulan dari operasional warehouse Kalla Logistics ialah sudah dikelola berbasis digital, mulai dari quality check, packing hingga pengelolaan data secara real-time.

Baca Juga : 3 Program Studi Kalla Institute Raih Akreditasi Baik dari Asesor BAN PT

Pada layanan warehouse, saat ini Kalla Logistics juga memiliki fasilitas tambahan last mile dan first mile. Oleh karena itu, Kalla Logistics juga saat ini fokus untuk menggarap berbagai project yang sifatnya last mile dan first mile dengan bekerjasama dengan beberapa perusahaan FMCG dan e-commerce.

Kalla Transport & Logistics memiliki layanan logistik terpadu atau dikenal dengan Integrated Kalla Logistics. Melalui layanan ini, pengiriman produk mitra bisnis menjadi lebih efisien baik dari segi waktu maupun biaya karena seluruh tahapan distribusi, mulai dari shipment, car carrier hingga stock yard cukup melalui layanan satu pintu.

Karena layanan tersebutlah, Kalla Logistics terus mendapat kepercayaan dari produsen serta dealer otomotif nasional untuk mendistribusikan produknya, khususnya di wilayah Sulawesi. Kalla Logistics saat ini mendistribusikan berbagai brand, seperti Toyota, Honda, Mitsubishi, Isuzu hingga Wuling.

Baca Juga : Kalla Group Ajak Puluhan Jurnalis Ikut Media Outing,

Untuk melayani distribusi via laut, Kalla Logistics memiliki tiga armada RoRo Kalla Lines yang total kapasitasnya mampu menampung lebih dari 1.800 unit kendaraan kecil, sedang, besar hingga alat berat. Sedangkan, via darat, Kalla Logistics memiliki armada car carrier sebanyak 30 unit serta yard yang mampu menampung hingga 8.400 unit kendaraan.

Adapun rute integrated logistics yang saat ini dilayani ialah Jakarta-Makassar, Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Kalimantan.

Sementara itu, distribusi material via darat, Kalla Logistics memiliki armada yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan mulai dari jenis pick-up deck, pick-up box, blind VAN, box engkel, standard box, truck hingga wing box dengan total kapasitas lebih dari 3.000 kubik.

Baca Juga : Kalla Group Ajak Puluhan Jurnalis Ikut Media Outing,

Pada sektor transportasi, Kalla Transport & Logistics memiliki beberapa bisnis, seperti Perusahaan Otobus (PO) Cahaya Bone yang kini melayani Makassar-Bone Makassar-Palu, Makassar-Bulukumba, Makassar-Parepare, Parepare-Bone serta tiga rute terbaru, yakni Makassar-Wononomulyo (Polman), Makassar-Sengkang dan Sengkang-Bulukumba. Adapun jumlah armada Cahaya Bone saat ini berjumlah 35 unit yang terdiri atas big bus dan micro bus.

Bisnis lainnya ialah layanan rental kendaraan, baik untuk kebutuhan perusahaan atau kebutuhan pribadi. Tipe kendaraan yang dimiliki pun hadir dengan beragam varian, seperti sedan, mini bus, medium bus, hingga big bus yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, Kalla Transport juga memiliki produk used car atau penjualan mobil bekas yang memasarkan all brand dengan berbagai jenis dan tipe.

Penulis : Lisa Emilda
#Kalla Group