Jumat, 22 Oktober 2021 16:33

Jadi Teladan Nasional, USAID Undang Pemda Barru Jadi Pembicara

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jadi Teladan Nasional, USAID Undang Pemda Barru Jadi Pembicara

Pola komunikasi publik dalam pelibatan masyarakat Barru diusulkan menjadi konsep ideal yang memenuhi syarat untuk diterapkan secara nasional.

RAKYATKU.COM,BARRU - Diundang datang langsung ke Jakarta, Bappeda dan Diskominfo Barru hadir memaparkan mekanisme keterlibatan masyarakat atau Community Engagement Mechanism (CEM) melalui pelibatan media mitra khususnya Radio Iga FM, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Bupati Barru, Ir H Suardi Saleh MSi kemudian menerbitkan surat penugasan kepada Kepala Diskominfo Syamsuddin S.IP, M.Si, Kepala Bappeda Umar, S.KM, M.Kes, Kabid Fispra Bappeda Syamsubaird Syarifuddin, S.Si dan Kabid Humas Ardi Susanto.

"Alhamdulillah, prestasi dan penghargaan yang Pemda terima, baik STBM Award, ODF 100%, dan Kabupaten Kota Sehat, yang dinilai mampu melibatkan masyarakat bersama untuk penyehatan lingkungan, dan patut ditiru oleh daerah lain," ungkap Kepala Bappeda Umar yang menjelaskan bahwa Barru terpilih bersama empat kabupaten/kota se-Indonesia untuk memberikan testimoni Praktek Baik (Best Practice) dalam hal pelibatan masyarakat dalam hal air minum, sanitasi dan penyehatan lingkungan khususnya melalui talkshow radio lokal daerah yang dua tahun terakhir, intens dilakukan bersama Radio IGA FM.

Baca Juga : Hasnah Syam Gencar Sosialisasi Cegah Stunting di Barru

Pada kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat ini, Barru dipaparkan secara menarik berbasis komunikasi lokal, dengan ruangan yang disulap serupa ruang podcast talkshow Radio IGA FM.

"Ini kebanggaan bersama, menjadi teladan baik yang diakui lembaga internasional sekelas USAID dan dipaparkan di depan empat kementerian, menjadi akumulasi dari semua komunikasi publik yang diteladankan oleh Bapak Bupati kita, bersama segenap pejabat daerah yang telah bersedia tampil mengedukasi secara live, termasuk teman-teman insan pers yang terus memberitakan kebaikan Barru," sebut Kadis Kominfo Syamsuddin yang menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah inisiasi Lembaga Donor Internasional yang berbasis dari Amerika, USAID IUWASH PLUS.

 

Ia menjabarkan, pola komunikasi publik dalam pelibatan masyarakat Barru diusulkan menjadi konsep ideal yang memenuhi syarat untuk diterapkan secara nasional.

Baca Juga : Dinas Arpusda Barru Punya Mobil Perpustakaan Keliling Baru

"Harapan saya, agar setiap media komunikasi terus bersama berkolaborasi dan menjadi penghubung antara Pemerintah dan Masyarakat, karena kini Barru kita adalah teladan di level nasional," sebutnya.

Sponsored by MGID

Kegiatan ini adalah rangkaian Program Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygieni Penyehatan Lingkungan untuk Semua (IUWASH PLUS).

 

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru