Jumat, 22 Oktober 2021 12:12

Yayasan Hadji Kalla dan STMIK Handayani Makassar Teken MoU Program Pelatihan untuk Disabilitas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Yayasan Hadji Kalla dan STMIK Handayani Makassar Teken MoU Program Pelatihan untuk Disabilitas

Rencananya, kerja sama ini akan menjadi wadah untuk belajar dan meningkatkan kemampuan melalui pelatihan di bidang informasi, teknologi, dan komputer yang akan dilaksanakan pada November 2021 mendatang.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Yayasan Hadji Kalla baru saja melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan STMIK Handayani Makassar, Kamis (21/10/2021). Kerja sama ini meliputi program pembinaan dan pelatihan penyandang disabilitas.

Rencananya, kerja sama ini akan menjadi wadah untuk belajar dan meningkatkan kemampuan melalui pelatihan di bidang informasi, teknologi, dan komputer yang akan dilaksanakan pada November 2021 mendatang.

Proses penandatanganan MoU bersama STMIK Handayani Makassar dilakukan di ruang rapat senat kampus STMIK dan dihadiri langsung jajaran pimpinan dan dosen STMIK Handayani Makassar.

Baca Juga : KALLA Siapkan Dana Hingga Rp40 Miliar Untuk Corporate Social Activities Program Sepanjang Tahun 2024 Melalui Yayasan Hadji Kalla

Mereka adalah Nasrullah selaku Ketua STMIK Handayani, Muhammad Akbar selaku Ketua Prodi Manajemen Informatika (D3), Najirah Umar selaku Ketua Penjaminan Mutu Internal, dan Abdul Latief Arda, selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian.

Sementara, dari pihak Yayasan Hadji Kalla diwakili Mohammad Zuhair selaku Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla yang hadir langsung dalam acara penandatanganan MoU ini.

Zuhair menjelaskan bahwa STMIK Handayani Makassar merupakan lembaga yang kompeten dan sudah teruji dalam bidang IT. Hal ini tentunya menjadikan STMIK Handayani Makassar sebagai lembaga yang bisa dipercaya dalam program pendampingan yang akan dilakukan oleh Yayasan Hadji Kalla.

Baca Juga : KALLA Siapkan Dana hingga 40 Milyar untuk Corporate Social Activities Program Sepanjang Tahun 2024

"Kita percaya bahwa STMIK Handayani adalah lembaga yang sudah teruji, dan memiliki SDM yang kompeten, sehingga kita memilih untuk melakukan kerjasama ini. Kita berharap bahwa dengan program ini, kita bisa menunjukkan peran kita masing-masing dalam memberikan perhatian kepada kelompok disabilitas punya hak yang sama seperti orang-orang lain. Dalam mendapatkan pekerjaan yang layak atau bahkan bekerja di industri setelah mengikuti program pelatihan yang akan kita jalankan," jelasnya.

Sementara itu, Nasrullah selaku Ketua STMIK Handayani menjelaskan bahwa dengan kerja sama ini, STMIK Handayani Makassar makin menunjukkan konsistensinya dalam terlibat langsung dalam program pembinaan masyarakat, terkhusus untuk kelompok disabilitas yang sifatnya berkelanjutan.

Dalam penjelasannya, ia menuturkan bahwa STMIK Handayani mempunyai sumberdaya manusia yang unggul dalam bidang IT yang bisa membimbing dengan baik para kelompok disabilitas dalam meningkatkan kemampuan di bidang IT.

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Dukung Pengembangan Kinerja Tenaga Pendidik

"Kerja sama dengan Yayasan Hadji Kalla adalah yang pertama untuk kita, tentu ini adalah sebuah langkah yang besar bagi kami, apalagi poinnya adalah tentang pembinaan dan pendampingan kelompok disabilitas. Kami patut berbangga dan berharap melalui kerjasama ini, kedua belah pihak bisa membawa manfaat besar bagi semua," terangnya.

Rencananya, pada november 2021 mendatang, Yayasan Hadji Kalla akan menjalankan Program Pelatihan Disabilitas Siap Kerja yang akan melibatkan berbagai mitra, termasuk STMIK Handayani Makassar. Sumber daya manusia (SDM) yang akan menjadi mitra pengajar bagi para kelompok disabilitas, telah terdaftar dalam program tersebut.

Penulis : Lisa Emilda
#Yayasan Hadji Kalla #STMIK Handayani