Sabtu, 16 Oktober 2021 20:47

Tahun 2022, Runway Bandara Selayar Akan Dikembangkan

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tahun 2022, Runway Bandara Selayar Akan Dikembangkan

Bandara Aroeppala Selayar diharapkan bisa didarati pesawat Boeing setelah perluasan dan perpanjangan runway.

RAKYATKU.COM -- Bandara H Aroeppala di Kabupaten Kepulauan Selayar akan dikembangkan tahun 2022 dengan penambahan runway. Rencana penambahan ini setelah selesainya master plan dan review oleh Kementerian Perhubungan.

Proyek perluasan bandara dengan penambahan runway dari 1.950 meter menjadi 2.400 meter ini rencana akan dimasukan ke dalam salah satu usulan Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Kita masih proses hibah tanahnya ke pusat. Lagi pembahasan hibahnya. Harapan kita nanti di sana bisa diperlebar dan pesawat besar bisa mendarat di sana," kata pelaksana tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga : Sinergi Basarnas dan Pemerintah Sulsel dalam Penanganan Bencana Semakin Kuat

Koordinasi dengan kementerian terus dilakukan. Saat ini, anggaran belum ada nilai estimasi. Sementara untuk total anggaran yang akan digunakan belum diketahui jumlahnya.

"Kita masih koordinasi. Tugas kita sementara ini adalah menyerahkan lahan yang akan dipakai perluasan," tambahnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Andi Darmawan Bintang menyebutkan, salah satu tujuan dari perluasan ini adalah mendukung Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sulsel.

Baca Juga : Konsulat Jenderal Filipina Temui Pj Gubernur Bahtiar, Perkuat Hubungan Bilateral

"Pengembangan Bandara Selayar itu memang salah satunya untuk tujuannya kepariwisataan. Di mana kita kembangkan, termasuk mendukung KEK. Untuk menunjang itu dan mempercepat pembangunan infrastruktur," jelasnya.

Usulan pembangunan ini masuk sebagai bagian dari PSN, sehingga menjadi bagian dari tanggung jawab pemerintah pusat dengan asumsi mengurangi beban daerah untuk pembangunan infrastruktur.

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah menyebutkan, perluasan yang diusulkan masuk kedalam PSN ini jika disetujui akan menambah jumlah PSN yang sudah ada di Sulsel. Sebelumnya sudah ada Makassar New Port dan Kereta Api.

Baca Juga : Penanaman Pohon Kelapa Genjah dan Dalam di Taman Religi CPI, Komoditas Unggulan Sulsel dari Selayar

Arafah mengatakan, review akan dilakukan oleh kementerian karena tidak bisa dilakukan Dishub Sulsel. Master plannya merupakan penggambaran secara global rencana pengembangan ada induk, jangka pendek, menengah dan panjang.

"Target perpanjangan ini adalah agar pesawat jenis Boeing bisa masuk," katanya.

Penulis : Syukur
#Bandara H Aroeppala #Pemprov Sulsel