Rabu, 13 Oktober 2021 16:24

Raih APE 2020 Kategori Madya, Wabup Luwu Utara Ingin Kategori Utama Tahun Depan

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Raih APE 2020 Kategori Madya, Wabup Luwu Utara Ingin Kategori Utama Tahun Depan

Capaian ini mengulangi prestasi serupa pada ajang APE 2018 yang lalu.

LUWU UTARA -- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 kategori madya dari Menteri PPPA-RI. Capaian ini mengulangi prestasi serupa pada ajang APE 2018 yang lalu. Di mana untuk kali pertama Luwu Utara meraih APE 2018 kategori pratama.

Namun, ada yang menarik. Capaian APE 2020 kategori madya ini mengonfirmasi bahwa Luwu Utara berhasil menaikkan level capaiannya dari pratama ke madya. Tentu bukan hal mudah bagi Pemda menaikkan level APE tanpa sinergi dan kolaborasi antarstakeholder guna mewujudkan kesetaraan gender dan perlindungan anak di Lutra.

Baca Juga : Musrenbang RPJPD, Pemkab Luwu Utara Tetapkan Visi Pembangunan 2025—2045

“Penghargaan APE kategori madya ini adalah tolok ukur atas terwujudnya pengarusutamaan gender dan perlindungan anak di Kabupaten Luwu Utara,” kata Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, usai mengikuti penyerahan penghargaan APE 2020 yang digelar secara virtual, Rabu (13/10/2021), di Ruang Command Center Kantor Bupati Luwu Utara.

Menurut Suaib, penghargaan APE yang diterima Luwu Utara adalah perwujudan dari kepedulian Pemda Lutra terhadap kesetaraan gender dan perlindungan anak di Bumi La Maranginang tersebut. “Ini menandakan bahwa pemerintah daerah begitu peduli terhadap pengarusutamaan gender dan perlindungan anak,” terang Suaib Mansur.

Untuk itu, ada mimpi lain yang coba ia wujudkan dalam penghargaan APE 2022 mendatang. Dia berharap ajang penganugerahan penghargaan dua tahunan ini kembali diraih Luwu Utara pada 2022 mendatang dengan menaikkan level capaiannya dari madya ke utama. “Insya Allah, berikutnya kita bisa mendapatkan penghargaan kateori utama,” harap dia.

Apa yang diharapkan Suaib, menjadi tugas dan PR bersama untuk diwujudkan pada 2022. “Kinerja dan kepedulian kita terhadap kesetaraan gender dan perlindungan anak telah dinilai dengan adanya penghargaan ini. Untuk menaikkan level kita, yang perlu dilakukan adalah menaikkan skalanya dan meningkatkan spasialnya. Jangkauan dan intensitasnya yang utama akan kita lakukan dalam menaikkan kategori APE dari madya ke utama,” pungkasnya.

Baca Juga : Luwu Utara Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Pada penyerahan penghargaan APE 2020 ini, turut mendampingi Wakil Bupati Suaib Mansur, Sekretaris Daerah Armiadi, Ketua TP-PKK Kabupaten Ny. Nur Rahmah Suaib Mansur, Ketua DWP Kabupaten Ny. Dalfiah Armiadi, serta beberapa perwakilan dari Perangkat Daerah terkait lainnya, seperti dari DP3AP2KB, Dinas Kominfo SP, dan Bappelitbangda. Kegiatan ini dibuka Menteri PPPA Bintang Puspayoga, dan dihadiri Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi. 

#pemkab luwu utara