Kamis, 07 Oktober 2021 14:02

Panen Raya Demplot Dambaan, Bupati Wajo Serahkan Bantuan Bibit Padi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Panen Raya Demplot Dambaan, Bupati Wajo Serahkan Bantuan Bibit Padi

Amran Mahmud juga berharap kepada pihak Petrokimia Gresik supaya bisa lebih memperbanyak demplot pupuk nonsubsidi di Wajo.

RAKYATKU.COM,WAJO - Bupati Wajo, Amran Mahmud menghadiri panen raya program Demonstration Plot (Demplot) Dambaan pupuk nonsubsidi oleh PT Petrokimia Gresik dan Distributor CV Megatama Mandiri di Kelurahan Bulete, Kecamatan Pitumpanua, Rabu (6/10/2021).

Pada kesempatan panen raya ini, Amran Mahmud juga menyerahkan bantuan berupa bibit padi tahap kedua kepada masyarakat yang sawahnya terdampak banjir beberapa waktu lalu.

Amran Mahmud menyampaikan terima kasih dan penghargaannya kepada PT Petrokimia Gresik dan Distributor CV Megatama Mandiri atas pelaksanaan Demplot Dambaan yang berjalan dengan baik.

Baca Juga : Pasca Libur Idul Fitri, Andi Bataralifu Cek Kehadiran ASN Pemkab Wajo

"Ini terbukti dengan pelaksanaan panen raya hari ini dan kita saksikan bersama bahwa hasilnya sesuai harapan sehingga kita bisa panen hari ini," ucap Amran Mahmud.

Meskipun, lanjut Amran Mahmud, musibah yang terjadi beberapa waktu lalu saat menjelang panen adalah bukan hal yang kita harapkan. Namun, patut disyukuri pemerintah pusat, yaitu Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan, merespons cepat permohonan bantuan yang diusulkan.

"Semoga ini bisa sedikit meringankan dan membantu petani kita, khususnya yang terdampak banjir beberapa waktu lalu," ucapnya.

Baca Juga : Pejabat Bupati Silaturahmi Calon Bupati Wajo Dalam Momentum Idul Fitri 1445

Amran Mahmud juga berharap kepada pihak Petrokimia Gresik supaya bisa lebih memperbanyak demplot pupuk nonsubsidi di Wajo. Itu karena terbukti di lokasi demplot yang dulu hasil produksi hanya 5 ton per hektare, sekarang bisa meningkat menjadi 7,6 ton per hektare berdasarkan hasil ubinan.

"Kebanyakan petani kita itu mau melakukan ketika sudah melihat bukti. Jadi, semakin banyak demplot dengan hasil yang sukses seperti ini, maka bukan tidak mungkin jika hitung-hitungannya lebih menguntungkan, petani kita justru akan menggunakan produk pupuk nonsubsidi yang di demplot seperti saat sekarang ini," ucap Amran Mahmud.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Wajo, Ashar, mengungkapkan bahwa saat terjadi banjir beberapa waktu lalu, Bupati Wajo segera memerintahkan untuk mengupayakan bantuan.

Baca Juga : Penjabat Bupati Wajo Shalat Ied di Masjid Ummul Qura

Akhirnya, proposal permohonan bantuan bibit padi yang diusulkan untuk masyarakat yang sawahnya terdampak, mendapat respons baik dari Kementan.

"Alhamdulillah kita mendapatkan bantuan bibit padi yang diserahkan oleh Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati tadi itu untuk tahap kedua ini ada sembilan kecamatan. Termasuk Kecamatan Pitumpanua dengan jumlah total 402 kelompok tani untuk 7.083 hektare luas lahan dengan jumlah total bibit padi 177.075 kilogram. Khusus untuk Kecamatan Pitumpanua sendiri ini mendapat jatah sebanyak 5,3 ton untuk 21 kelompok dengan luas lahan 214 hektare," bebernya.

Turut hadir pada kegiatan ini, yakni Wakil Bupati Wajo, Amran, Kepala Kepolisian Resor Wajo, AKBP Muhammad Islam, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1406 Wajo, Letkol Inf Muhamad Juanda Dinata, Anggota DPRD Wajo, Haeruddin, AVP Sales Regional 6 PT Petrokimia Gresik, Hijrama Pandika Hardono, pimpinan CV Megatama Mandiri, Camat Pitumpanua bersama unsur Muspika serta undangan lainnya.

Baca Juga : Pj. Bupati Wajo Sampaikan Pesan Idul Fitri Jelang Shalat Ied di Masjid Ummul Qura

Amran Mahmud bersama rombongan juga melanjutkan bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Pattirolokka, Kecamatan Keera, hingga malam hari sekaligus menyerahkan bantuan bibit padi dari Kementan.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo